Kayu Manis Punya Khasiat Besar bagi Kesehatan? Ini Hasil Penelitiannya

Kayu manis. Foto: pixabaycom

Kayu manis. Foto: pixabaycom

POJOKBANDUNG.com – Penelitian baru menunjukkan bahwa kayu manis bisa meningkatkan metabolisme pada sel lemak manusia.

Dalam studi baru yang dipublikasikan di jurnal Metabolism, para peneliti dari University of Michigan menguji efek cinnamaldehyde, minyak esensial yang memberi rasa manis pada sel lemak dari tikus, serta sel lemak dari empat manusia.

Mereka menemukan bahwa paparan minyak kayu manis memicu sel tikus dan sel manusia untuk mulai membakar kalori melalui proses yang dikenal sebagai thermogenesis.

Sebuah pengamatan lebih dekat menunjukkan bahwa minyak tersebut meningkatkan aktivitas beberapa gen, enzim dan protein yang diketahui bisa meningkatkan metabolisme lemak.

Baca Juga:

Tak Perlu Perawatan Mahal untuk Dapat Wajah Segar dan Awet Muda. Cukup dengan Madu

Difteri, Penyakit Tenggorokan yang Mematikan. Ini Cara Mengenalinya

Sel lemak yang juga disebut adipocytes, biasanya menyimpan energi dalam bentuk lipid. Dari sudut pandang evolusioner, energi yang tersimpan ini bisa digunakan oleh tubuh selama periode kekurangan makanan atau diubah menjadi panas selama bulan-bulan yang dingin.

Tapi dalam masyarakat di mana makanan dan panas relatif banyak, energi yang tersimpan seringkali tidak memiliki tempat untuk dilepaskan dan hal ini bisa berkontribusi pada kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Baca Juga:

Kabar Gembira, Waze Luncurkan Fitur buat Pengendara Sepeda Motor

Ini Tren Busana Muslim Wanita yang Diprediksi Akan Booming di Tahun 2018

“Mengonsumsi kayu manis secara teratur merupakan salah satu cara untuk membuat sel-sel lemak membakar sebagian dari energi itu, daripada menyimpan semuanya,” kata penulis studi dan asisten profesor riset di University of Michigan Life Sciences Institute, Jun Wu, seperti dilansir laman Health.

Penelitian lain menemukan bahwa rempah-rempah ini juga melindungi tikus terhadap obesitas dan hiperglikemia.

Ini terkait dengan kadar gula darah rendah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Wu mengatakan bahwa penelitian timnya adalah bukti lain yang mendukung kayu manis.

(fny/jpnn)

loading...

Feeds

Agnez Mo Makin Intim dengan Kekasih

 Agnez Mo masih saja enggan berbagi tentang kisah asmaranya dengan Jeffrey J Kopchia. Pelantun Coke Bottle itu tak jua mengunggah foto …