Binamarga Uji Kelayakan Jembatan Cipamingkis


Uji jembatan Cipamingkis telah

Uji jembatan Cipamingkis telah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jembatan Cipamingkis Ruas Jalan Provinsi Cileungsi-Cibeet Bogor telah selesai diperbaiki dan hari ini Rabu (20/12/2017) diuji kelayakannya oleh Jajaran Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku senang mendengar laporan rampungnya perbaikan Jembatan Cipamingkis, dirinya memastikan akan berkunjung dalam waktu dekat.

“Saat kejadian amblas lalu, saya minta Binamarga segera lakukan perbaikan, senang mendengarnya kini sudah rampung, mungkin tanggal 27 Desember saya akan tinjau langsung ke sana,” ujar Aher.

Baca Juga:

Sesar Lembang Berpotensi Gempa, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah dan Masyarakat

Berikut Ini Data Korban Tewas dan Kerusakan Akibat Gempabumi Tasikmalaya

Aher memang memberikan penekanan khusus kepada jajaran Binamarga untuk memberikan perhatian yang memadai kepada jalan dan jembatan kewenangan provinsi tersebut, mengingat akses ke Jonggol melalui jalan ini menjadi alternatif pengguna jalan sejak tahun 1986.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat HM. Guntoro mengatakan perbaikan kerusakan jembatan yang telah dikerjakan meliputi perkuatan pilar jembatan lama, pembuatan bangunan bawah dan atas jembatan rangka baja type A-60 bentang 60m, lantai beton jembatan baru dan trotoar, serta perkerasan aspal.

“Alhamdulillah pengerjaan telah selesai, dikerjakan sejak Mei 2017 dan bersumber biaya dari APBD Provinsi Jabar sebesar RP6.907.790.529  dan bantuan Hibah dari Kementerian PUPR berupa komponen jembatan rangka baja senilai RP4.334.457.100,” jelasnya usai meninjau Jembatan Cipamingkis, Rabu (20/12/17).

Baca Juga:

Dampak Gempa Tasikmalaya, Aher: Insya Allah Tertangani

Korban Gempabumi Menjadi Dua Orang, Masyarakat Diminta Tenang dan Tak Terjebak Hoax

Pihaknya berharap dengan kembali berfungsinya jembatan ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat luas dan semakin memudahkan mobilitas khususnya warga yang kesehariannya bergantung pada keberadaan Jembatan Cipamingkis.

Jembatan Cipamingkis pada 13 April 2017 sempat mengalami penuruan Pilar ke-2 yang disebabkan banjir bandang sungai Cipamingkis dan mengakibatkan terjadinya penurunan lantaui jembatan pada bentang ke-2 dan ke-3 (penurunan lebih kurang hingga 4,15 cm).

(mun)

Loading...

loading...

Feeds