BPJS Kesehatan Cimahi Audiensi dengan Wali Kota, Perkuat Komitmen UHC Kota Cimahi 2018

Audiensi BPJS Kesehatan Cimahi Dengan Wali Kota Cimahi dan jajarannya

Audiensi BPJS Kesehatan Cimahi Dengan Wali Kota Cimahi dan jajarannya

POJOKBANDUNG.com – Sebagai badan hukum publik yang lebih dari tiga tahun mengelola Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu berupaya mengoptimalkan pelayanan kepada peserta maupun stakeholders lainnya.


Tahun 2019 menjadi target BPJS Kesehatan untuk mewujudkan cita-cita universal health coverage (UHC) bagi seluruh penduduk Indonesia. Demi mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi senantiasa meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah.

Guna mewujudkan UHC pada 1 Januari 2019, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Yudha Indrajaya, melakukan rapat audiensi dengan Wali Kota Cimahi, M. Ajay Priatna, beserta jajarannya pada hari Rabu (20/12).

Dalam audiensi yang bertempat di Kantor Wali Kota Cimahi, Yudha Indrajaya didampingi Ilman Muttaqien (Kabid SDM, Umum, dan Komunikasi Publik) dan Bina Hermawan (Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan).

Dari pihak Pemkot Cimahi, Ajay didampingi beberapa Kepala Dinas.

Dalam pertemuan tersebut,  dibahas terkait target UHC di wilayah Kota Cimahi. Berdasarkan data BPJS Kesehatan per Desember 2017, jumlah penduduk Kota Cimahi yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejumlah 451.139 dari total penduduk 531.393.

Hal ini berarti sudah 84.90 % penduduk Kota Cimahi yang mendapatkan jaminan kesehatan. Dari total ini sudah termasuk di dalamnya yang didaftarkan Pemerintah Kota Cimahi sebanyak 10.912 jiwa.

“Kita sudah optimalkan berbagai usaha untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta JKN-KIS khususnya segmen PBPU atau yang lebih dikenal dengan mandiri atau perorangan, seperti mendirikan stan layanan keliling di beberapa titik keramaian, di stan tersebut masyarakat bisa melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi seputar JKN-KIS,” lanjut Yudha.

“Pendaftaran melalui dropbox juga sudah dilakukan, jadi masyarakat tidak perlu mengantre di kantor BPJS Kesehatan, cukup memasukkan persyaratan seperti fotokopi KK, KTP dan Buku Rekening ke dalam dropbox yang ada di seluruh kantor kelurahan di wilayah Kota Cimahi,” katanya.

Dalam pertemuan ini Wali Kota Kota Cimahi, M. Ajay Priatna memberikan apresiasi dan menyampaikan bahwa dengan adanya program JKN-KIS, diharapkan tidak ada lagi penduduk Kota Cimahi yang mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan karena tidak memiliki jaminan kesehatan.

“Dengan dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi, kita targetkan UHC di Kota Cimahi dapat tercapai di tahun 2018,” tutup Yudha.

(*/men/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds