Akhir Pekan, Ada Kolaborasi Pencak Silat dan Senam Jantung Sehat di Cimahi

Sejumlah peserta senam pencak silat Sabilulungan berlatih di MTs Asih Putera, Jalan Cihanjuang, Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Sejumlah peserta senam pencak silat Sabilulungan berlatih di MTs Asih Putera, Jalan Cihanjuang, Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Yayasan Pendidikan Asih Putera akan menggelar pentas pencak silat massal. Uniknya, acara ini akan berkolaborasi dengan senam jantung sehat.


Diharapkan, acara tersebut turut melestarikan warisan seni budaya pencak silat.

Pihak yayasan menargetkan 15.000 orang dari berbagai kota/kabupaten untuk mengikuti pentas kesenian itu. Kegiatan akan dilaksanakan di Lapangan Pusdik Armed Jalan Baros Kota Cimahi, Minggu (17/12/2017).

Ketua Yayasan Asih Putera, Adang Kosasih Ahmad, mengatakan dalam kegiatan nanti, pihaknya akan menkolaborasikan seni pencak silat dengan senam jantung sehat.

Baca Juga:

Seni Bandung #1 Ditutup, sampai Jumpa di Seni Bandung #2 2018

Go Ahead Festival, Surga Pecinta Ragam Seni

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan senam pencak silat ini, untuk menumbuhkan pola hidup sehat sekaligus melestarikan pencak silat oleh berbagai kalangan, terutama siswa siswi dari yayasan Asih Putera,” ungkapnya.

Menurutnya, selain menjaga kelestarian kesenian, karena senam pencak silat ini dinilai, dikalangan anak muda sekarang, mereka tabu dengan budaya lokal, termasuk pencak silat.

“Makanya, kita balut dengan senam, semua bisa sehat, dan juga bisa mencintai pencak silat,” ucapnya.

Pada acara yang digelar nanti, lanjut dia, pihaknya memilih menggunakan lagu kendang penca Sabilulungan. Menurutnya, pemilihan lagu daerah Jawa Barat itu, didasarkan pada makna filosofis lagu dengan nada mengayun tersebut.

“Sabilulungan itu sendiri kan artinya saling tolong menolong, seiya sekata. Dengan lagu itu, harapannya kita semua bisa saling menolong dalam kebaikan, bergotong royong dalam kehidupan,” jelasnya.

Untuk persiapan lainnya, lanjut dia, pihaknya telah melakukan persiapan selama beberapa bulan secara rutin yang diikuti oleh hampir semua peserta didik Yayasan Asih Putera.

Baca Juga:

Walikota Cimahi Janjikan Gedung Kesenian

Wagub Jabar Deddy Mizwar Sarankan Degung Berkolaborasi dengan Seni Modern

Sementara itu, Pelatih senam silat dari Asih Putera, Ruslan, menjelaskan, senam silat ini merupakan penggabungan unsur silat dalam senam. Nanti, peserta senam bukan hanya orang tua, tapi juga anak muda.

“Intinya kita sama-sama melestarikan budaya bangsa khususnya di tatar sunda,” kata Ruslan

Ada tiga gerakan dasar dalam senam pencak silat yang akan diperagakan hari Minggu nanti, yakni tangkis, pukul, dan tendang.

“Meskri inti gerakannya hanya tiga, nanti akan dikembangkan lagi, yang akhirnya jadi gerakan silat dinamis dan variatif,” katanya.

Ia berharap, semua lini masyarakat dan pendidikan, khususnya di Kota Cimahi, bisa turut melestarikan budaya silat khas tanah pasundan yang saat ini mulai ditinggalkan.

“Jangan sampai silat yang merupakan akar budaya sunda, akhirnya punah karena tidak ada yang mau melestarikannya,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds