Bina Pembangunan Desa, Kades/Lurah Se-Jabar Kumpul di Bekasi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menggelar Jambore Desa 2017 di Kabupaten Bekasi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menggelar Jambore Desa 2017 di Kabupaten Bekasi

“Mempunyai potensi, harus dikelola dengan baik, ditata dengan baik. Punya insan-insan terdidik harus kembali ke desa lagi, maka ke depan tidak perlu khawatir, bisa aja kita jadi pemasok kebutuhan sandang dan papan,” kata Gubernur Aher.


Apresiasi Binapemdes Terhadap Pemprov Jabar

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri RI, Aferi S Fudail, mengatakan bahwa pihaknya, dari Pemerintah Pusat, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang mengalokasikan bantuan Provinsi kepada desa dengan nominal hingga Rp. 100 juta per-desa.

“Jabar merupakan Provinsi yang paling besar memberikan bantuan langsung ke Pemerintah Desa. Dari 33 Provinsi di Indonesia, Jawa Barat-lah yang melaksanakannya,” ungkap Aferi.

Maka Ia menunjuk Jawa Barat sebagai contoh. Dirinya pun berharap setiap pemerintah Provinsi punya kepedulian terhadap desa/kelurahan seperti Jawa Barat.

“Di daerah lain itu bantuan kepada desa hanya diberikan oleh Bupati/ Walikota. Provinsi sangat- sangat terbatas. Jawa Barat mewujudkan itu sangat luar biasa kita harus berikan apresiasi,” katanya.

Lebih lanjut Fudail menuturkan bahwa karena posisi desa yang strategis, pemerintah perlu memberikan perhatian besar untuk meningkatkan peran pemerintah desa dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Perhatian besar pemerintah terhadap desa pun ditunjukkan dengan lahirnya Undang- Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ini merupakan basis Community Based on Development.

“UU Desa mengatur bagaimana memperkuat pemerintahan desa dan memberdayaan masyarakat yang baik melalui percepatan tata kelola pemerintahan desa yang baik guna mendukung terwujudnya penyelenggara,” katanya.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds