Waduh, Papa Novanto Batal Digantikan Aziz Syamsuddin

Aziz Syamsuddin. Foto: Ricardo/jpnn.com

Aziz Syamsuddin. Foto: Ricardo/jpnn.com

POJOKBANDUNG.com – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengungkap kronologis batalnya Aziz Syamsuddin menjadi Ketua DPR, menggantikan Setya Novanto yang mengundurkan diri.

Batalnya Aziz menduduki kursi paling empuk di DPR tersebut karena adanya perbedaan pendapat antara ketua dan sekretaris Fraksi Partai Golkar.

Perbedaan pendapat tercantum dalam dua surat dari Fraksi Partai Golkar yang masuk kepada pimpinan DPR.

Surat pertama dari Ketua Fraksi Partai Golkar Robert J Kardinal yang mengusulkan nama Aziz. Kabarnya usulan ini datang langsung dari Setya Novanto, diteruskan oleh DPP Partai Golkar.

Baca Juga:

DPD Golkar Se-Jawa Barat Usung Airlangga Gantikan Setya Novanto

Setya Novanto Siap Letakkan Jabatan

Meski demikian, satu surat lagi yang ditandatangani Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang berisi penolakan nama Aziz. Agus Gumiwang meminta pemilihan Ketua DPR ditunda sampai Partai Golkar selesai menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

“Kalau ada dua surat kan tentunya kami tidak bisa memproses lebih lanjut,” kata Agus Hermanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/12).

Karena itu, pimpinan DPR menyerahkan sepenuhnya kepada Partai Golkar melakukan finalisasi. Sehingga nama yang diusulkan nanti sudah disetujui oleh partai. “Kami kembalikan kepada Fraksi Partai Golkar untuk difinalisasi,” tegasnya.

Baca Juga:

Kasus Setya Novanto Tak Pengaruhi Pilgub Jabar? Ini Komentar Daniel Muttaqien

Papa Novanto Ternyata Bersembunyi di Gedung DPR

Menurut dia, paling tidak nama itu baru akan diusulkan setelah masa reses. Dia mengatakan, belum adanya Ketua DPR definitif tidak mengganggu kinerja parlemen. Belajar dari pengalaman sebelumnya, akan ditunjuk pelaksana tugas Ketua DPR.

“Dahulu pas Pak Setnov mengundurkan diri kan ada plt juga. Semuanya berjalan dengan lancar,” katanya.

Kemarin (11/12), pimpinan DPR sudah menunjuk Wakil Ketua DPR koordinator bidang politik dan keamanan Fadli Zon sebagai Plt Ketua. Fadli akan bertugas sampai adanya Ketua DPR definitif yang menggantikan Papa Novanto yang kini meringkuk di tahanan KPK karena menjadi tersangka korupsi e-KTP.

(boy/jpnn)

loading...

Feeds

AFC Resmi Jatuhkan Sanksi buat PSSI

AFC secara resmi menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Hukuman kepada PSSI diputuskan setelah Komisi Disiplin AFC melakukan penyelidikan.

Kontraktor ‘Serang’ Walikota Cimahi Ajay

Sejak Ajay M. Priatna menjabat Walikota Cimahi terhitung Oktober 2017 lalu, sejumlah pemborong maupun kontraktor merasa dirugikan dengan kebijakannya dalam …

Agnez Mo Makin Intim dengan Kekasih

 Agnez Mo masih saja enggan berbagi tentang kisah asmaranya dengan Jeffrey J Kopchia. Pelantun Coke Bottle itu tak jua mengunggah foto …