Bandung Ibu Kota Asia Afrika Kecam Keputusan Donald Trump

Setya Novanto bersama Donald Trump dalam kampanye pemilu presiden Amerika Serikat pada 2016. Foto: Reuters

Setya Novanto bersama Donald Trump dalam kampanye pemilu presiden Amerika Serikat pada 2016. Foto: Reuters

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan pihaknya mengecam keras langkah sepihak Amerika Serikat yang memutuskan Yarusalem sebagai ibu kota Israel.

Menurutnya keputusan kontroversial Donald Trump tersebut harus dipertimbangkan. Gubernur yang akrab disapa Aher ini mengatakan, keputusan itu tidak hanya melukai ummat Islam, tetapi juga jelas telah melabrak resolus Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Kami minta AS mempertimbangkan kembali. Selain melukai muslim dunia, juga melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang Amerika Serikat malah anggota tetapnya,” tegas Aher, seusai acara jamuan forum ke-10 Bali Demokrasi di Gedung Sate, Bandung, Jumat (8/12/2017).

Baca Juga:

Gubernur Jabar Ajak Semua Pihak Bela Masjid Al-Aqsha Palestina

VIDEO: Ucapan Selamat untuk Gubernur Baru DKI dari Jalur Gaza Palestina

Sikap AS itu menurutnya bakal berdampak pada stabilitas keamanan dunia, terutama di Timur Tengah. Bandung sendiri sebagai kota pengusung perdamaian dunia melalui Konperensi Asia Afrika, tentu tidak menerima keputusan kontroversi AS.

“Dari Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, kota pengusung kemerdekaan Asia Afrika, kita menolak keras keputusan AS,” tegasnya.

Dikatakan, pihaknya memegang teguh misi kemerdekaan rakyat Palestina, sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca Juga:

Masjid Al Aqsa Kembali Memanas. Polisi Tembak Pemuda Palestina

Polisi Israel Tendang Pria Palestina Sedang Salat, 3 Orang Tewas Ratusan Terluka. Ini Videonya!

Sikap yang sama disampaikan Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri, Cecep Herawan, di tempat yang sama. Kecaman pemerintah Indonesia mendapat respon positif dari berbagai negara.

Lebih jauh, Presiden Joko Widodo akan menindaklanjutinya di forum Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI di Turki.

“Sudah direspon banyak negara. Direncanakan Bapak Presiden akan hadir dalam pertemuan KTT OKI yang khusus membahas perkembangan terakhir isu Palestina,” ungkap Cecep.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Politik Erdogan Bisa Jadi Inspirasi

Ilmu politik Recep Tayyip Erdogan bisa dijadikan pegangan bagi masyarakat muslim di Indonesia. Terlebih, sejauh ini Erdogan mampu mengembalikan …

Waspada Banjir, Diskar Siagakan 160 Petugas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Menghadapi musim penghujan, pasukan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung (Diskar PB) siagakan 160 orang personel berjaga …