Bangun Kemandirian, Kemendesa PDTT Canangkan Gerakan Nasional Komunitas Desa

Ketua Panitia Gerakan Nasional Komunitas Desa DR Zaini Alif

Ketua Panitia Gerakan Nasional Komunitas Desa DR Zaini Alif

POJOKBANDUNG.COM, BANDUNG – Upaya memperkuat kemandirian desa terus dilakukan jajaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).


Salah satunya melalui penguatan komunitas kreatif yang diinisiasi warga desa.

“Pembangunan kawasan pedesaan tidak hanya melulu persoalan infrastruktur, tetapi juga persoalan bagaimana membangun karakter warga desa,” ujar Ketua Panitia Gerakan Nasional Komunitas Desa DR Zaini Alif di Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017).

“Berbagai komunitas desa yang bergerak di berbagai bidang kreatif merupakan salah satu upaya menciptakan karakter tangguh bagi warga desa,” lanjut Zaini Alif.

Baca Juga:

Liga Desa Nusantara, Kabupaten Bandung Pertandingkan 20 Tim

Ayi Hambali Jaring Aspirasi Terkait Dana Desa, Koperasi, UMKM di Jabar

Dia menjelaskan, lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 6/2016 tentang Desa yang mengamanatkan alokasi dana desa telah mendorong percepatan pembangunan kawasan perdesaan di berbagai bidang.

Hanya saja pada tiga tahun pertama pengalokasian dana desa, fokus pembangunan kawasan perdesaan masih seputar persoalan infrastruktur dan layanan sosial dasar.

Sementara pembangunan karakter warga desa masih belum digarap secara maksimal. “Gerakan komunitas desa mendorong lahirnya berbagai wadah dan gerakan yang dilakukan warga desa baik dalam bidang ketrampilan, ekonomi-bisnis, mental spiritual, hingga seni budaya,” katanya.

DPRD Jabar Desak Pemerintah Hentikan Segala Proyek di Kawasan Bandung Utara

Sangkanhurip Diresmikan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Ketua Komunitas Hong Kabupaten Bandung ini mengungkapkan desa mempunyai berbagai potensi baik di bidang pertanian, perkebunan, keindahan alam, hingga seni-budaya.

Menurutnya potensi-potensi tersebut belum digarap secara maksimal karena selama ini konsep pemberdayaan masyarakat desa masih tergantung terhadap inisiasi dari pemerintah.

Dibutuhkan dorongan kesadaran agar warga desa memahami jika potensi-potensi yang ada di sekelilingi mereka bisa digarap secara mandiri.

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …