Ini Harapan Presiden Jokowi Usai Naik Bus Persib di Tol Soroja

Presiden Jokowi dalam peresmian Tol Soroja

Presiden Jokowi dalam peresmian Tol Soroja

POJOKBANDUNG.com, PERSIB – Jalan bebas hambatan atau tol Soreang – Pasirkoja (Soroja) resmi beroperasi dan dapat digunakan oleh masyarakat.


Tol Soroja sepanjang 10,57 Km ini diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Bupati Bandung Dadang Naser di gerbang tol Soreang, Senin (04/12/2017).

Usai diresmikan, Presiden Jokowi beserta rombongan mencoba langsung tol Soroja yang berstatus tol dalam kota ini dengan menggunakan bus Persib yang ditemani pula oleh beberapa pemain Persib.

“Kurang lebih 12 menit sekarang ya dari sebelumnya kalau lewat jalan arteri 1,5 jam. Ini tol yang sangat dinantikan oleh masyarakat di Kabupaten Bandung dan sekitarnya yang sudah ditunggu lama,” ujar Presiden.

Jokowi berharap hadirnya tol dengan nilai investasi sebesar Rp 1.765 Triliun ini, mampu mengangkat potensi di kawasan Bandung selatan seperti pariwisata, industri dan olahraga.

“Di Bandung selatan ini kan ada kawasan industri, wisata, pemerintahan, perkebunan dan kawasan olahraga kita harapkan mobilitas masyarakat akan lebih baik terutama tempat-tempat wisata akan lebih banyak dikunjungi dan kawasan industri lebih efisien artinya nanti daya saingnya akan lebih baik,” harapnya.

Sebelum diresmikan, tol Soroja telah melalui uji kelaikan oleh Kementerian PUPR, Kemenhub dan Korlantas pada tanggal 16-17 November 2017 lalu yang meliputi uji laik fungsi dan uji laik operasi.

PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku pemegang konsesi tol Soroja memulai ground breaking sejak September 2015. Dalam pembangunannya tol Soroja terbagi kedalam dua Seksi, Yaitu Seksi I ruas simpang simpang susun Pasirkoja – Margaasih sepanjang 2,75 Km dan Seksi II ruas simpang susun Margaasih – Katapang sepanjang 3,3 Km, serta ruas simpang susun Katapang – Soreang 2,1 Km.

Tol Soroja memiliki 5 gerbang yaitu di Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur dan Soreang.

Kehadiran tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung menjadi hanya 10 sampai 15 menit saja. Tol Soroja juga akan menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya yang terkoneksi dengan tol Purbaleunyi melalui persimpangan di kilometer 132.

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …