Konser Kolase 2017: Angklung Mengajarkan Kebersamaan

Konser Kolaborasi Angklung (Kolase 2017) di ISBI Bandung

Konser Kolaborasi Angklung (Kolase 2017) di ISBI Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Institute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung berkolaborasi dengan IndoLecture Pramadana Kreasi,  menggelar Konser Kolaborasi Angklung (Kolase 2017), di Gedung Sunan Ambu, ISBI Bandung, Sabtu (2/12/2017).


Roswita Amelinda selaku Produser Konser Kolase 2017, mengatakan konser ini adalah salah satu upaya pelestarian angklung Jawa Barat yang melibatkan penampil-penampil muda di Bandung.

Dengan memadukan lagu-lagu klasik tradisional serta lagu pop modern di konser ini, berharap Angklung dapat terus relevan dengan generasi-generasi mendatang.

Menurutnya, ini adalah ajang pembuktian bahwa musik Angklung ini bisa dimainkan secara bersama-sama, kolaborasi, sesuai dengan namanya tanpa adanya persaingan kompetisi antar komunitas.

Baca Juga:

Ribuan Siswa SMP dan SMA Se Jabar Ikuti Pasanggiri Angklung

Keberadaan Rumah Angklung Bisa Menyaingi Saung Udjo

“Karena buat saya, kompetisi-kompetisi itu malah membuat antar komunitas bisa berantem. Soalnya kalo kompetisi atau lomba Angklung kan ga semua bisa menang, yang menang hanya lima  misalkan, nah sisanya kan pasti ada perasaan kecewa atau bahkan iri,”

Roswita pun menambahkan bahwa kompetisi-kompetisi hanya akan membuat lebih individualis. Bila sudah menang maka kedepannya mau apa dan bagaimana.

“Kompetisi itu membuat kami lebih individualis. Sedangkan tantangan dimasa depan rasanya tidak bisa jika dijalankan sendiri, masa depan itu harus dijalankan bersama-sama. Jadi, sekarang waktunya untuk mengeratkan diri dan berkolaborasi,” tambah Rosita.

Konser yang berlangsung selama 180 menit ini menyuguhkan penampilan dari Corps Angklung V (CAV) SMAN 5 Bandung, PANDA SMA Pasundan 2 Bandung, dan Prodi Ilmu Angklung dan Musik Bambu ISBI Bandung.

Baca Juga:

Bangganya, Angklung Ternyata Diajarkan di Malaysia Hingga Rusia

6.000 Pelajar SeJabar Meriahkan Gelaran Angklung

Mengusung tema ‘Your True Colors’, konser ini berhasil menyajikan permainan nada angklung yang terbagi dalam empat tema warna musik. Diantaranya, The Cheerful Colors, The Romantic Colors, The Spiritful Colors, dan The Dynamis Colors. Lagu-lagu yang dibawakannya pun merupakan hasil aransemen apik dari setiap director music.

Penonton diajak bersenandung dalam setiap pertunjukannya, seperti lagu Can’t Stop The Feeling yang dipopulerkan oleh Justin Timberlake, Aku Makin Cinta oleh Vina Panduwinata, He’s A Pirate yang merupakan OST Film Pirates of the Carribean yang berhasil memukau penonton dengan ke energikan para pemain.

Konser ditutup dengan kolaborasi CAV, PANDA, dan Prodi Angklung dan Musik Bambu. Mereka membawakan tiga lagu pamungkas yang membuat penonton benar-benar terdecak kagum. Ketiga lagu tersebut adalah Symphony Yang Indah (Once), Akad (Payung Teduh), dan Ekspresi.

(cr23)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …