Liga 1 2018, Pentas 10 Tim Jawara Era Perserikatan Hingga Liga Indonesia

Raphael Maitimo dikawal ketat pemain Persija. Foto: Riana Setiawan

Raphael Maitimo dikawal ketat pemain Persija. Foto: Riana Setiawan

POJOKBANDUNG.com- DAYA tarik Liga 1 musim depan diyakini semakin kuat. Itu tidak lepas dari promosinya tiga tim tradisional Perserikatan dengan basis suporter besar dan loyal seperti Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Persaingan diyakini akan semakin kompetitif.

“Dengan melihat basis suporter yang dimiliki oleh tiga tim yang baru promosi, kami pikir ini adalah berkah bersama untuk sepak bola tanah air,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. ”Jadi, agar berkah ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah ini harus dikelola dengan baik, dan itu menjadi tanggung jawab bersama,” timpalnya.

Joko menjelaskan, industri sepak bola tanah air sudah mengalami transformasi sejak 2008. Di mana, mayoritas klub hanya bisa mengandalkan suntikan dana segar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah, mulai bergeser ke Fans Club Development seperti yang dipraktekan oleh klub-klub modern.

Dengan begitu, klub-klub yang memiliki basis suporter sangat besar di negeri ini maka secara otomatis memiliki peluang untuk survive dalam tantangan zaman. ”Sebab, logikanya, meski ada tim yang besar dan dipenuhi oleh pemain pemain hebat. Tapi, kalau tidak ada yang menonton, buat apa?” lanjutnya.

Menurutnya, dengan hadirnya Persebaya, PSMS, dan PSIS, maka dipastikan denyut nadi sepak bola tanah air akan kian hidup. Sebab, selain ketiganya memiliki basis suporter yang besar dan loyal, juga dipastikan jumlah rivalitas antarklub semakin bertambah banyak. Mereka menjadi magnet baru di Liga 1.

loading...

Feeds

walikota bandung

Dirjen Otda Minta Oded Lantik Sekda Terpilih

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–‎Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono membenarkan, pihaknya telah membalas surat dari Wali Kota Bandung terkait …

Sepakat, PKL Libur Sehari Seminggu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana sepakat pedagang kaki lima (PKL)  harus libur sehari dalam satu mingu. “Jadi hari ini …