Power Bank Raksasa Ini Dibuat untuk Pasok Listrik ke 30 Ribu Rumah

Baterai ion litium yang bisa dicas ulang guna memasok listrik ketika terjadi pemadaman. Foto: Tesla

Baterai ion litium yang bisa dicas ulang guna memasok listrik ketika terjadi pemadaman. Foto: Tesla

POJOKBANDUNG.com- PERUSAHAAN energi Tesla menciptakan baterai ion litium untuk memasok listrik dalam skala besar bagi rumah-rumah di Australia.


Tak tanggung-tanggung, baterai yang bisa dicas seperti halnya power bank itu sanggup memasok setrum untuk 30.000 rumah selama satu jam ketika terjadi blackout atau pemadaman listrik.

Bahkan, baterai itu juga bisa didayagunakan ketika permintaan pasokan listrik mencapai beban puncak. Power bank itu telah dipasang di Jamestown, sebuah kota di dekat Outback, atau sekitar 120 mil di sisi utara ibu kota negara bagian South Australia, Adelaide.

“South Australia saat ini memimpin dalam hal energi terbarukan yang dipasok untuk bisnis dan rumah,” ujar Premier of South Australia Jay Weatherill.

Neoen Australia menggandeng Tesla untuk menjamin pasokan listrik dari pembangkit Hornsdale Wind Farm agar andal dan stabil. Hornsdale Wind Farm merupakan pembangkit listrik milik Neoen yang terletak di sebelah utara Jamestown.

Tesla menjadi mitra Neoen untuk membangun baterai cadangan dengan kapasitas tiga kali lebih besar ketimbang rekor sebelumnya yang dipegang Mira Loma di California, Amerika Serikat.

South Australia yang mengandalkan energi dari pembangkit listrik tenaga angin dan matahari berupaya menemukan cara untuk memperkuat jaringannya yang rentan sejak terjadi pemadaman total tahun lalu akibat badai. Bahkan, blackout berlangsung hingga beberapa bulan.

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …

Lembang Diterjang Banjir dan Longsor

POPJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Dua kejadian bencana banjir menerjang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/10). Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan. …