Pemerintah Tetapkan KLB Kasus Difteri, 10 Orang Meninggal di Jabar

Grafis (Errie Dini/ Jawa Pos)

Grafis (Errie Dini/ Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com- INDONESIA tengah memerangi wabah penyakit difteri. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) karena jenis penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium Diphteriae ini telah banyak memakan korban jiwa, setidaknya di 20 Provinsi di Tanah Air.


Data di Kementerian Kesehatan menyebutkan, kasus difteri juga terjadi di Jawa Barat dengan 95 kasus dengan 10 kasus kematian. Kasus terbanyak terjadi di Jawa Timur dengan 271 kasus dan 11 angka kematian.

“Begitu ada dicurigai dan konfirm itu adalah difteri. Kadinkes Gubernur langsung tetapkan KLB. Satu saja ada penderita, kami nyatakan KLB. Begitu ada satu kasus itu ada tindakan dari mulai pemberian antibiotik, serum, dan imunisasi orang di sekitarnya,” kata Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Kemenkes, Jane Soepardi kepada JawaPos.com, Sabtu (2/12).

Hal itu, ungkapnya, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1501/ MENKES/PER/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu, apabila ditemukan 1 kasus difteria klinis dinyatakan sebagai KLB. Lalu didukung dengan pernyataan/pengumuman akan dilaksanakan oleh Pemda setempat.

“Banyak kasus difteri memakan korban jiwa. Wabah difteri merupakan penyakit infeksi yang disebabkan kuman yang sangat mudah menular. Berbahaya sebabkan kematian karena mengeluarkan racun. Pada kejadian luar biasa bisa terjadi di hidung dan kulit,” paparnya.

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …