Video: Jenderal Pembantai Muslim Bosnia Bunuh Diri di Persidangan Mahkamah Internasional

Slobodan Praljak saat minum racun di Mahkamah Internasional di Denhaag. Foto: Reuters

Slobodan Praljak saat minum racun di Mahkamah Internasional di Denhaag. Foto: Reuters

POJOKBANDUNG.com – Sebuah pemandangan mengerikan terjadi di persidangan Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, Rabu (29/11/2017). Mantan komandan perang Bosnia-Kroasia yang didakwa sebagai penjahat perang, Slobodan Praljak (72) bunuh diri di persidangan.


Praljak muncul di Mahkamah Internasional untuk mengajukan banding atas hukuman 20 tahun penjara. Selama ini, pria Kroasia itu ditahan di sel rahasia milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saya bukan penjahat perang!” ujarnya di depan persidangan sembari menenggak cairan hitam dari botol kecil. “Saya minum racun.”

Baca Juga:

Cerita Bocah 8 Tahun Ngotot Masuk Islam, Diantar Ibunya yang Non Muslim

Ridwan Kamil Ingatkan Bahaya Kebiasaan Wanita Muslimah Berkerudung dengan Jarum Pentul

Setidaknya, Praljak dua kali menyatakan bahwa dirinya bukan penjahat perang. “Saya menolak hukuman ini,” tegasnya.

Beberapa saat setelah Praljak menenggak cairan beracun, kru ambulans berdatangan di lokasi. Helikopter juga mulai melayang di atas gedung Mahkamah Internasional.

Sejumlah petugas gawat darurat tampat mengenakan helm bermasker yang dilengkapi tangki oksigen. Paramedis langsung bergegas ke dalam ruang sidang, sementeria petugas pengadilan meminta mereka tetap tenang.

Baca Juga:

Arab Saudi Keluarkan Fatwa Umat Muslim Boleh Salat di Gereja

Pakai Baju Muslim dan Peci Haji, Michael Essien Jadi Sorotan Media Ghana

Selanjutnya, Praljak dibawa ke rumah Sakit HMC di Den Haag. Juru bicara Mahkamah Internasional memastikan Praljak tewas.

“Dia meminum satu cairan di dalam pengadilan dan langsung jatuh sakit,” ujar sang juru bicara.

Berikut video saat-saat Praljak minum racun di sela persidangan:

Sebagaimana dikutip dari laman trialinternational.org, Praljak lahir pada 2 Januari 1945 di Kota Capljina, Boznia-Herzegovina. Dia merupakan insinyur listrik di Zagreb yang bekerja sebagai produser sinema, teater dan televisi.

Selain itu, Praljak juga menjadi dosen. Dia mengajar filsafat dan psikologi. Pada awal musim panas 1991, dia bergabung dengan Angkatan Bersenjata Kroasia. Selanjutnya pada 3 April 1992, Praljak langsung menyandang pangkat mayor jenderal.

Loading...

loading...

Feeds