6.000 Orang Berminat Jadi ‘Polisi’ Bandara Kertajati, PT BIJB Janji Prioritaskan Warga Majalengka


Para calon penjaga keamanan penumpang pesawat (Aviation Security/Avsec)

Para calon penjaga keamanan penumpang pesawat (Aviation Security/Avsec)

POJOKBANDUNG.com – Kehadiran bandara tidak lepas dari peran Aviation Security (Avsec). Avsec merupakan petugas terdepan yang pekerjaannya menitikberatkan menjaga keamanan bagi penumpang pesawat sebelum melakukan penerbangan.


Sejak lowongan dibuka pada pertengahan tahun ini, setidaknya 6.000 orang mendaftarkan diri dan berminat menjadi petugas keamanan. Ribuan orang dengan latar belakang pendidikan minimal SLTA dan sederajat disaring menjadi 300 orang dengan memprioritaskan putra daerah.

“Ada enam ribu yang mendaftarkan diri untuk menjadi petugas Avsec ini. Secara administrasi yang lolos menjadi 300 orang dan mereka mayoritas orang Majalengka,” kata Kepala Divisi SDM dan Pendukung PT BIJB Subhan Hadi Susilo melalui siaran persnya, Rabu (29/12/2017).

Disebutkan, Subhan Hadi berbicara di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Baca Juga:

Bandara Internasional Jawa Barat Akan Dijadikan Bandara Halal

Perkembangan Bandara Internasional Jawa Barat Sangat Progresif

Menurut Subhan, dari 300 peserta yang lolos secara administrasi kemudian kembali dikerucutkan menjadi 48 orang. Mereka yang terdiri dari 41 peserta pria, dan tujuh perempuan kemudian mengikuti kepelatihan dasar bidang penerbangan khususnya keamanan. Untuk masuk ke tahap ini mereka sudah mengikuti psikotes dan wawancara.

Menurutnya PT BIJB menggaet STPI Curug, agar sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di Bandara Kertajati bisa menjadi petugas bandara yang ahli dan terampil serta memiliki lisensi khusus.

“Ini adalah komitmen PT BIJB untuk memberdayakan putra asli daerah Majalengka tempat daerah dimana BIJB berada di bandara Kertajati. Kita di sini ingin melatih insan-insan penerbangan yang berkompeten, berkarakter, setifikasi secara dunia penerbangan internasional,” ujar Subhan.

Baca Juga:

Bandara Internasional Jawa Barat dan Mount Fuji Shizuoka Airport Jajaki Kerja Sama

Lion Air Group Siap Beroperasi di Bandara Internasional Jawa Barat

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan STIP Suyatmo menuturkan, dengan akan hadirnya Bandara Kertajati pada 2018 mendatang, PT BIJB sudah melakukan tahap demi tahap menyambut kesiapan beroperasi.

Salah satunya merekrut petugas Avsec yang unggul dan terampil. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan bahwa seluruh petugas bandara harus dibekali sertifikat sesuai standar keamanan penerbangan.

“Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa setiap personel bandara harus memiliki sertifikasi atau mempunyai semacam laison seperti Surat Tanda Kecakapan Personel (STKP) masing-masing itu sendiri, baik dari Avsec sampai penerbang,” terangnya.

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …