Kulit Ketiak Anda Warna Hitam? Ini 7 Penyebabnya

Ketiak. Foto Ilustrasi: lethalglam.com

Ketiak. Foto Ilustrasi: lethalglam.com

POJOKBANDUNG.com – Kulit ketiak Anda berwarna hitam? Pasti mengganggu. Sebenarnya ada beberapa penyebab kulit ketiak Anda tampak hitam. Apa saja?


Kulit ketiak yang hitam sebenarnya wajar, tapi tetap saja bikin tak percaya diri. Apalagi jika Anda ingin tampil dengan mengenakan baju tanpa lengan.

Sebenarnya, ada banyak penyebab kulit ketiak tampak hitam, kebanyakan karena hal-hal yang biasa Anda lakukan, sedangkan sebagian yang lain adalah lantaran faktor kesehatan.

Lalu apa saja penyebab kulit ketiak menghitam?

1. Mencukur

Mencukur bulu ketiak ternyata bisa menyebabkan kulit Anda menghitam. Warna hitam ini disebabkan oleh folikel rambut yang berada tepat di bawah permukaan kulit.

Selain itu, mencukur terlalu banyak juga bisa mengakibatkan pengerasan kulit yang pada akhirnya membuat kulit ketiak menghitam.

Anda bisa mencoba waxing untuk menyingkirkan bulu sampai akarnya sehingga warna hitam tidak terlihat.

Baca Juga:

6 Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Berat Badan Sulit Turun? Cara Ini Bisa Jadi Solusi Efektif

2. Deodoran dan antiperspirant

Deodoran dan antiperspirant mampu melindungi tubuh dari bau tak sedap. Namun, keduanya juga mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping bagi kulit, termasuk dapat menghitamkan kulit.

Namun, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, bukan deodoran yang menjadi penyebab utama ketiak tampak berwarna hitam. Bekas deodoran yang tidak bersih lah yang justru bisa memicu perubahan warna pada ketiak.

3. Akumulasi sel kulit mati

Sel-sel kulit yang mati bisa terbentuk di sekujur tubuh dan terakumulasi di permukaan kulit. Tak terkecuali untuk kulit ketiak. Karena itu, akumulasi sel kulit mati di sekitar ketiak bisa menjadi alasan dari munculnya warna hitam tersebut.

4. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah titik-titik gelap yang muncul pada kulit akibat adanya kelebihan melanin. Kondisi ini umum terjadi pada kulit dan sering tidak berbahaya.

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …