Gunung Agung Terus Meletus, Ketinggian Asap Erupsi Capai 3.000 Meter

 Asap tebal berwarna merah terpantau membumbung diatas kawah Gunung Agung minggu pagi (Istimewa)

Asap tebal berwarna merah terpantau membumbung diatas kawah Gunung Agung minggu pagi (Istimewa)

Tidak ada lonjakan kegempaan. Sementara hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa tempat.


Seperti di Desa Duda Utara, Desa Duda Timur, Desa Pempetan, Desa Besakih, Desa Sideman, Desa Tirta Abang, Desa Sebudi, Desa Amerta Bhuana di Klungkung. Juga terjadi di beberapa desa di Gianyar.

“Jumlah pengungsi masih dalam pendataan. BPBD bersama SKPD, Basarnas, TNI, Polri, PMI, dan relawan membagikan masker kepada masyarakat,” bebernya.

BPBD Provinsi NTB juga telah menginstruksikan agar BPBD Lombok Barat, BPBD Kota Mataram dan BPBD Lombok Utara segera melaporkan dampak hujan abu di wilayahnya. “Masker agar segera didistribusikan kepada masyarakat,” bebernya.

Sementara, sejauh ini beberapa maskapai ada yang memutuskan membatalkan penerbangannya dari dan ke Bali. Corporate Secretary AP I Israwadi mencatat ada empat maskapai yang memutuskan untuk membatalkan penerbangannya.

“Memang ada empat maskapai asing yaitu Jetstar Australia, Virgin Australia, KLM, Qantas yang membatalkan penerbangannya ke Bali, sebagian besar adalah rute dari dan ke Australia. Totalnya ada 16 penerbangan,” jelas Israwadi dalam siaran persnya.

Menanggapi hal itu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada masing-masing maskapai. “Dan ini sepenuhnya meupakan kebijakan masing-masing airline, karena bandara sendiri masih beroperasi normal,” tutur Israwadi.

Terkait adanya pembatalan penerbangan ini, pihak Angkasa Pura I di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah menyiapkan Repacking Area yang terletak di area public terminal keberangkatan internasional.

“Ini sebagai tempat kumpul dan beristirahat bagi calon penumpang yang tidak bisa kembali ke hotel,” tandasnya.

(rb/dre/mus/mus/JPR)

Loading...

loading...

Feeds