Pemkab Tasikmalaya Raih Penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam dari Kemenag

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menerima penghargaan diberikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim S

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menerima penghargaan diberikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim S

POJOKBANDUNG.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berhasil meraih penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) dari Kementerian Agama. Penghargaan diberikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim S dan diterima Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, Kamis (23/11/2017) di Jakarta.


Penghargaan diberikan berkat keberpihakan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terhadap pendidikan agama bagi masyarakat khususnya yang berusia sekolah.

Inspektur Pembantu III Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Endin mengatakan, selama ini Pemkab Tasikmalaya telah memberlakukan sejumlah program untuk pengembangan pendidikan Islam bagi generasi muda.

Baca Juga:

Uu Ruzhanul Ulum: Kabupaten Tasikmalaya Ekspor Beras Organik ke Luar Negeri

AMS Dorong Uu Ruzhanul Ulum Bersanding dengan Ridwan Kamil

Dari sisi regulasi, menurutnya telah diberlakukan peraturan daerah dan peraturan bupati yang mengharuskan siswa didik mengikuti pembelajaran agama tambahan di luar formal.

Pertama, kata dia, terdapat peraturan bupati yang mewajibkan setiap siswa kelas III hingga XII mengikuti pendidikan diniyah di sekitar rumah mereka.

Hal ini, lanjutnya, tidak terlepas juga dari belum maksimalnya jumlah siswa di Kabupaten Tasikmalaya yang mengikuti pendidikan diniyah.

Baca Juga:

Uu Ruzhanul Ulum: Kami Sudah Married, yang Lain Masih Berkelana

Survei Indo Barometer, Uu Ruzhanul Ulum Ungguli Daniel

“Dari eksisting anak dari usia SD sampai SMA ada 260 ribuan, tapi yang mengikuti pendidikan diniyah hanya 140 ribu,” kata Endin di Bandung, Jumat (24/11/2017).

Selain itu, untuk menambah jumlah pendidikan agama di sekolah, Pemkab Tasikmalaya memberlakukan program Ajengan Masuk Sekolah (AMS). Dengan adanya program tersebut, siswa didik akan menerima jam pelajaran agama yang lebih dibanding biasanya.

“Kita melebihi target nasional, di atas 10 jam per minggunya,” katanya seraya menyebut setiap siswa diharuskan mengikuti pesantren selama bulan suci Ramadhan.

Loading...

loading...

Feeds

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …