Jangan Lewatkan Sarapan Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

Mereka yang melewatkan sarapan lebih cenderung adalah pria, perokok, dan pelaku diet yang mengonsumsi sebagian besar kalori harian mereka sekitar jam makan siang.


Ketika mereka sarapan pagi, mereka cenderung melewatkan waktu tidak lebih dari 5 menit saat makan pagi dan sebagian besar mengonsumsi kopi atau jus jeruk.

Rajin Sarapan Bisa Bikin Badan Langsing

Jangan Lakukan 3 Kebiasaan Buruk Ini di Pagi Hari

Dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki sarapan hangat, orang-orang yang memiliki sarapan ringan adalah 21 persen lebih mungkin mengalami kerusakan pada arteri mayor di leher dan 17 persen lebih mungkin mengalami kerusakan pada pembuluh darah utama di daerah perut.

Selain memiliki risiko aterosklerosis terbesar, orang yang melewatkan sarapan juga memiliki lingkar pinggang terbesar, indeks massa tubuh, tekanan darah rendah, kadar kolesterol dan kadar gula darah.

Peserta yang melewatkan sarapan lebih cenderung memiliki gaya hidup yang tidak sehat secara keseluruhan, termasuk diet keseluruhan yang buruk, konsumsi alkohol dan sering merokok.

Mereka juga lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas.

Banyak orang yang kelebihan berat badan yang mungkin melewatkan sarapan atau makanan lain dengan harapan menurunkan berat badan, namun harus diingat bahwa penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa bertentangan dengan kepercayaan umum, kebiasaan semacam itu justru bisa dikaitkan dengan (penambahan berat badan) dan mungkin mengarah pada hal yang signifikan.

Kelainan metabolik termasuk peningkatan risiko sindrom metabolik dan diabetes,” kata Dr. Prakash Deedwania, penulis tajuk rencana dan peneliti di University of California.

Individu yang rutin sarapan juga cenderung memiliki gaya hidup sehat, berolahraga lebih banyak, makan lebih baik dan tidak merokok.

(jpn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds