Gencar Berkomunikasi, Demokrat Pantau 3 Nama Cagub Jabar dari Luar Partai

Ketua BP-OKK DPP-PD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo menyerahkan Pataka Partai Demokrat kepada Ketua DPD-PD Jabar Irfan Suryanagara usai sidang Musda Demokrat Jabar, di Grand Savoy Homann Bandung, Minggu (12/11/2017). Foto:Demokrat

Ketua BP-OKK DPP-PD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo menyerahkan Pataka Partai Demokrat kepada Ketua DPD-PD Jabar Irfan Suryanagara usai sidang Musda Demokrat Jabar, di Grand Savoy Homann Bandung, Minggu (12/11/2017). Foto:Demokrat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Irfan Suryanegara, Ketua DPD Partai Demokrat Jabar pengganti Iwan Sulandjana membuka ruang komunikasi dengan semua parpol menjelang Pilgub 2018.


Pola tersebut, berbeda dengan yang dilakukan Iwan Sulandjana yang cukup intens membangun kesepahaman bersama Partai Gerindra dan PAN dalam ikatan Poros Baru.

Irfan mengatakan, sejumlah partai seperti PKB, PAN, PKS, Partai Gerindra dan Partai Golkar telah menyampaikan selamat kepadanya atas tampuk kepemimpinan DPD Demokrat Jabar sekaligus membuka komunikasi.

Ucapan serupa juga disampaikan Ridwan Kamil, Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi, yang selama ini masuk dalam bursa calon gubernur pada Pilgub Jabar 2018.

Namun Irfan menegaskan, langkah politik yang diambilnya bukan berarti menghapus jejak komunikasi partainya dengan partai lain menjelang Pilgub Jabar 2018 dan Pilwalkot serta Pilbup di 16 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Ia mengaku hendak membaca kembali pendekatan-pendekatan antar partai yang dijalin sebelumnya.

“Sebelumnya ada kebersamaan antara Demokrat dengan Gerindra dan PAN tapi bukan berarti komunikasi politik kita dari nol lagi. Di Jabar ini komunikasi politik lebih santun dan lebih susah dibaca pihak di luar partai,” kata Irfan kepada wartawan, Jumat (17/11/2017).

Dikatakan, di sela komunikasi formal antarpartai telah terbentuk komunikasi intens secara informal dengan beberapa partai dan ketua partai. Berbagai kemungkinan dan dampak dari sejumlah kejadian politik di Indonesia terhadap Pilgub Jabar 2018 menjadi bagian dari bahan pembicaraan.

Menurutnya, ada tiga nama yang menyatakan siap menjadi calon gubernur pada Pilgub Jabar 2018 dari Partai Demokrat, yakni anggota DPR RI Dede Yusuf dan Herman Khoeron, serta mantan Pangdam III/Siliwangi Periode 2002-2005 Iwan Sulandjana. Ketiga kader Partai Demokrat ini, katanya, terus bersosialisasi untuk mencapai tingkat keterpilihan terbaik.

Loading...

loading...

Feeds