Legislator PAN, Haerudin Amin: Negara Harus Tegas Menjaga Kedaulatan NKRI

Anggota DPR RI Komisi lX Haerudin Amin S.Ag, MH

Anggota DPR RI Komisi lX Haerudin Amin S.Ag, MH

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Anggota DPR RI Komisi lX Haerudin Amin S.Ag, MH menuntut ketegasan Negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.


Pernyataan Haerudin tersebut terkait alotnya penyelesaian kasus penyanderaan 1.300 warga di Tembagapura, Timika, Papua.

”Pelaku penyanderaan warga dan penembakan terhadap aparat bukan semata-mata tindakan kelompok kriminal biasa tapi nyata-nyata tindakan sparatis. Saya mengajak semua elemen pemerintahan untuk segera merumuskan solusi dari masalah ini,” ujar Haerudin Amin saat dihubungi melalui telepon disela Paripurna DPR RI, Rabu (15/11/2017).

Menurut Haerudin, ketegasan pemerintah dalam melindungi rakyatnya sebenarnya adalah amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. ”Di situ secara tegas dikatakan bahwa pemerintah negara Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,” tutur Haerudin.

Haerudin menambahkan, pesan tersebut juga tertera dalam butir ‘Nawa Cita’ pertama yakni menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara.

”Amanat ini tentu punya konskwensi  luas. Di manapun, kapanpun dan dalam keadaaan apapun pemerintah wajib melindungi, termasuk mereka yang sedang disandera,” tambah Haerudin.

”Aparat harus segera bertindak tegas menaklukkan pelaku penyanderaan. Ini sudah menjadi amanat baku UUD 1945. Jika sekarang aparat masih massif melakukan pendekatan secara persuasif kepada kelompok sparatis tersebut, jika itu mentok maka pemerintah harus segera mengeluarkan perintah kepada aparat untuk menyudahi penyanderaan ini,” sambung legislator PAN tersebut.

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …