Musim Hujan, Harga Ikan Asin di Cimahi Mulai Tinggi

Penjualan ikan asin di pasar Cimindi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Penjualan ikan asin di pasar Cimindi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Musim penghujan ini harga ikan asin di pasar tradisional mulai melejit. Misalnya di pasar tradisional Cimindi, Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi. Sejumlah ikan asin yang harganya naik di antaranya asin peda cingeung dan ikan teri.


Sebelumnya harga peda cingeung Rp35 ribu, naik menjadi Rp40 ribu perkilogram. Sementara teri asin, awalnya Rp 50 ribu menjadi Rp 60 ribu perkilogram.

Selain itu, meskipun tidak ada kenaikan pada komoditas ikan asin lainnya seperti cumi, peda merah, layur dan ikan tongkol, namun harga ikan asin masih tetap berada di atas.

Saat ini harga ikan asin rata-rata di atas Rp 30 ribu perkilogramnya. Untuk ikan asin jenis cumi harganya masih Rp 80 ribu perkilogram, peda merah Rp 40 ribu, Layur Rp 30 ribu, dan ikan asin tongkol mencapai 40 ribu.

Baca Juga:

Kenaikan Harga Daging Sapi, Pemkab Bandung Tak Bisa Berbuat Banyak

H-2 Lebaran, Harga Daging Sapi dan Ayam Alami Kenaikan

Salah seorang pedagang ikan asin, Rianti (30), mengatakan harga sejumlah ikan asin di pasar saat ini meskipun ada peningkatan namun tidak terlalu signifikan.

Terlebih, kebutuhan masyarakat terhadap ikan asin tidak sama dengan kebutuhan konsumsi masyarakat sehari-hari.

“Kalau langganan pasti ada, tapi untuk pembeli berskala besar masih didominasi oleh rumah makan. Biasanya tempat makan yang bernuansa sunda,” ujarnya, di pasar Cimindi, Rabu (15/11/2017).

Pedagang lainnya, Yanti (36), mengatakan kenaikan harga ikan asin pada saat musim hujan dikarenakan petani ikan asin kesulitan melakukan pengeringan ikan.

“Kadang ada ikan yang masih basah udah dikirim. Selain itu kalau ikannya belum kering dari petaninya kita harus nunggu kiriman. Bisa tiga hari bisa lima hari baru dikirim,” terangnya.

Menurutnya, apabila ikan asin yang dikirim masih dalam keadaan basah, berdampak pada pembeli. Mereka akan mengurungkan niatnya membeli ikan asin.

“Kalau masih basah mah susah juga ngegorengnya,” katanya.

Baca Juga:

Masih Banyak Kios yang Tutup Picu Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok di Bandung

Pemkot Cimahi Prediksi Kenaikan Harga Bahan Kebutuhan Pokok Jelang Puasa

Namun sejauh ini, lanjut dia, pasokan ikan asin di pasar Cimindi terbilang normal. Sehingga ketersediaan barang pun aman. Hanya saja harga ikan asin yang bisa berubah dengan cepat.

“Bisa naiknya cepat bisa lama. Tapi biasanya kalau sudah harganya naik, lama juga turunnya,” tuturnya.
Kepala Pengelola Pasar Cimindi Andri Gunawan, mengatakan, sejauh ini naik turunnya ikan asin di pasar Cimindi tidak sampai melebihi 10 persen. Sehingga kenaikan harganya masih normal.

“Apalagi sekarang kan musim hujan, kenaikan pasti ada tapi tidak terlalu tinggi,” terangnya.

Ia menyebutkan, pedagang ikan asin di pasar Cimindi selama ini mendapat pasokan tidak jauh. Hampir seluruhnya mendapat kiriman dari pasar Andir Kota Bandung.

“Pasokannya tidak jauh, jadi untuk stok ikan asin di pasar Cimindi tetap aman. Kemudian, kita juga bersama pengelola selalu melakukan pengecekan harga setiap harinya agar, masyarakat bisa tahu harga-harga kebutuhan pokok termasuk ikan asin di pasar Cimindi,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …