Untuk Pertama Kalinya Sejak 1958, Italia Gagal ke Piala Dunia. Buffon pun Menangis

Gianluigi Buffon. Foto: Marca

Gianluigi Buffon. Foto: Marca

POJOKBANDUNG.com – TIMNAS Italia tidak menemukan jalan ke Rusia. Untuk pertama kalinya sejak 1958, Italia gagal lolos ke Piala Dunia.


Melakoni laga playoff zona UEFA, Gli Azzurri kandas di kaki Swedia. Dalam dua pertemuan, Italia kalah 0-1. Gol Jakob Johansson di leg pertama yang digelar di Stockholm, tak mampu dibalas oleh Gianluigi Buffon cs saat leg kedua di San Siro, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.

“Saya tidak menyesal untuk diri saya sendiri, tapi semua sepak bola Italia. Kami gagal menemukan sesuatu yang berarti buat masyarakat Italia,” ujar Buffon saat wawancara dengan Rai Sport.

Baca Juga:

Gawat! setelah Belanda, Giliran Italia yang Terancam Absen di Piala Dunia

Pelatih Indra Sjafri: Kenapa Jadinya Begini

Dalam wawancara ini, Buffon tak bisa menahan air matanya berlinang. Buat Buffon, laga melawan Swedia adalah pertandingan terakhirnya bersama timnas.

“Ini mengecewakan. Sayang sekali pertandingan terakhir saya bertepatan dengan kegagalan negara saya lolos ke Piala Dunia,” kata penjaga gawang berusia 39 tahun itu.

Kiper Juventus itu membantah anggapan bahwa Italia meremehkan Swedia. “Semua teman di tim tahu bagaimana kerasnya kualifikasi dan playoff. Kami tahu betapa beratnya psikologi melawan Swedia,” tutur Buffon.

Dia berharap, Italia mampu kembali bangkit di masa yang akan datang.

“Masa depan selalu ada untuk (timnas) Italia. Negara kami punya kemampuan dan tekad untuk bangun setelah terjatuh,” pungkas Buffon.

Pada pertemuan kedua di San Siro, Milan, tersebut, Gli Azzurri hanya bermain imbang 0-0. Hasil tersebut membuat empat kali juara dunia (1934, 1938, 1982, 2006) ini tak mampu mengejar defisit satu gol yang dibawa dari pertemuan pertama.

Baca Juga:

Marquee Player Berguguran, Odemwingie pun Angkat Koper

Kiper Cantik Ini Bongkar Pelecehan Seksual di Dunia Olahraga, Mantan Presiden FIFA Terseret

Statistik ESPN merangkum, dalam laga di San Siro, Italia mendominasi dengan 76 persen possession.

Tim asuhan Giampiero Ventura itu sudah berusaha habis-habisan mencari sebiji gol. Terbukti dari 27 kali shots, enam di antaranya on goal.

Namun disiplin pertahanan Swedia sepanjang laga membuat semua upaya Italia selalu gagal.

Ini adalah pertama kalinya Italia gagal ke Piala Dunia sejak 1958. Sementara buat Swedia, keberhasilan memastikan tiket ke Rusia 2018 ini membuat Blagult (julukan Timnas Swedia) memutus kegagalan tampil di Piala Dunia sejak 2010.

(adk/jpnn)

 

Loading...

loading...

Feeds