Pertama di Indonesia, Bandung Luncurkan Aplikasi SEHAT

Foto: Instagram Ridwan Kamil

Foto: Instagram Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pemkot Bandung merilis aplikasi Sistem Elektronik Aplikasi Rujukan Terpadu (SEHAT).


Aplikasi tersebut berfungsi sebagai sarana redupsi setiap problematika mengenai teknis penanganan dan pelayanan medis di Puskesmas.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, alasan aplikasi SEHAT dibentuk. Menurutnya, selama ini banyak tim medis di Puskesmas yang dinilai kurang dalam penguasaan materi kedokteran.

Imbasnya, pasien yang semestinya bisa dirawat dan ditangani di Puskesmas harus dilimpahkan ke Rumah Sakit (RS).

“Ini jadi perhatian serius bagi kami, khususnya Dinkes Kota Bandung,” ucapnya di Balai Kota Bandung, Selasa (14/11).

Kota Bandung menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki teknologi aplikasi antar dokter ini. Aplikasi ini disponsori salah satu perusahaan dan perusahaan gadget ternama luar negeri.

Aplikasi SEHAT merupakan modul yang dapat dipergunakan oleh dokter-dokter Puskesmas untuk berkonsultasi mengenai permasalahan medis dengan 30 ribu dokter yang sebelumnya telah terdaftar.

“Jadi, dengan aplikasi ini dokter-dokter di Puskesmas bisa saling tukar informasi soal penyakit pasien,” papar Ridwan Kamil.

Ia berharap, kehadiran aplikasi SEHAT bisa mereduksi miss komunikasi yang terjadi antara pasien dan dokter serta mempermudah pasien karena tidak perlu mengeluarkan ongkos pergi ke RS atau biaya konsultasi.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengurangi beban anggaran BPJS Kesehatan dimana harus mengeluarkan biaya luar biasa ketika pasien dirawat di RS, bahkan bisa juga menambah pengetahuan dokter di Puskesmas.

“Tinggal teknis pelaksanaan. Kami sudah minta Dinkes Kota Bandung untuk melatih setiap dokter Puskesmas agar menguasai bahasa Inggris sebagai sarana untuk mempermudah komunikasi,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …