Pencemaran Udara Akibat Emisi Kendaraan di Cimahi Tinggi

Petugas DLH Kota Cimahi saat melakukan uji emisi di Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Petugas DLH Kota Cimahi saat melakukan uji emisi di Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Berdasarkan hasil uji emisi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, asap kendaraan bermotor menyumbang 10% pencemaran udara.


Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Cimahi Hidayat Sadikin, mengatakan angka tersebut tergolong cukup tinggi bagi pencemaran udara di Kota Cimahi.

Ditambah pertumbuhan kendaraan roda dua dan roda empat yang terus meningkat.

“Makanya kita lakukan uji emisi agar udara di Cimahi tidak tercemar,” kata Hidayat, saat melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor di lingkungan Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (13/11/2017).

Baca Juga:

Bahas Pencemaran Citarum, Pemprov Jabar Kumpulkan Pejabat Daerah

Pencemaran Lingkungan di Bandung Barat Kian Mengkhawatirkan, Tiap Desa Diminta Bikin Bank Sampah

Dia menyebutkan, pelaksanaan uji emisi ini akan berlangsung selama empat hari mulai Senin (13/11/2017) hingga Kamis (16/11/2017).

Ada pun lokasi yang dijadikan tempat uji emisi yakni di Jalan Raden Demang Hardjakusumah, pelataran Pemkot Cimahi, Jalan Gedong Opat, dan Jalan Baros.

“Tujuannya untuk mengetahui kadar emisi udara yang ada di Cimahi yang bersumber dari emisi bergerak atau kendaraan bermotor,” terangnya.

Untuk kendaraan keluaran tahun 2007 ke bawah, kata dia, kandungan CO-nya harus di bawah 4,5 dengan kandungan HC-nya 1.200.

Sedangkan kendaraan keluaran 2007 ke atas kandungan CO-nya sebesar 1,5 dan kandungan HC-nya di angka 200.

“Jadi, setiap pemilik kendaraan bermotor khususnya roda empat wajib untuk memelihara kendaraannya,” ucapnya.

Hingga tahun 2017 ini, DLH telah mencatat baru melakukan uji emisi terhadap sekitar 1.000 kendaraan.

“Sekarang kita uji emisi secara bertahap, karena keterbatasan anggaran,” katanya.

Meski belum ada kajian detail, akan tetapi, menurutnya, pencemaran asap kendaraan terhadap udara di Kota Cimahi cukup tinggi.

“Saat ini yang kita lakukan baru kewajiban uji emisi udara ambien dan uji emisi kendaraan bergerak. Dengan dilakukannya uji emisi rutin ini, diharapkan dapat menekan pencemaran udara di Cimahi,” tandasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …