Kondisi Bayi Kembar Siam Dempet Perut dan Dada dari Padalarang di RSHS Bandung

Bayi kembar siam pasangan Agus Priyanto (47) dan Mariah (39) dalam penanganan di RSHS Bandung (Asep Rahmat)

Bayi kembar siam pasangan Agus Priyanto (47) dan Mariah (39) dalam penanganan di RSHS Bandung (Asep Rahmat)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung belum bisa memutuskan penanganan medis terhadap bayi kembar siam pasangan Agus Priyanto (47) dan Mariah (39), warga RT 03/ RW 27, Padalarang, Kab Bandung Barat.


Ketua Tim Penanganan Bayi Kembar RSHS Bandung, Prof Dr. H. Sjarief Hidajat Sp. A(K) mengungkapkan, kondisi bayi terlahir dengan kondisi dempet perut sampai daerah genital dan ujung tulang belakang bersatu, dengan dua kepala, dua badan, dua kaki, empat tangan, satu anus dan satu jenis kelamin (laki-laki).

BACA JUGA: Warga Padalarang Lahirkan Kembar Siam Dempet Perut, Saat USG Jumlah Bayi Satu dan Sehat

Pun demikian, dengan organ dalam seperti jantung dan paru-paru hanya satu untuk dua bayi.

Sjarief mengutarakan, kondisi kedua bayi itu saat ini tidak begitu baik. Artinya, kondisi dari satu bayi mempengaruhi fungsi organ bayi satu lagi.

Misalnya, fungsi jantung, paru-paru semuanya memang bagus akan tetapi kondisi bayi yang fisiknya kecil terus memburuk karena terjadi kelainan, yaitu tidak terbentuk hipoplasia paru-paru dan jantungnya terjadi kebocoran yang berat hingga tubuhnya membiru dan tidak bisa melakukan oksigenisasi.

“Ada dua organ penting untuk kelancaran oksigenesisasi. Tapi karena hanya satu untuk dua bayi jadi fungsinya tidak maksimal. Sekarang tergantung respirator (alat bantu pernafasan),” paparnya.

Pihak rumah sakit sendiri berjanji akan mengupayakan sebisa mungkin untuk penanganan bayi yang lahir pada 10 November 2017 itu. Salah satu langkah tercepat yang dilakukan ialah dengan cara berunding bersama dokter bedah, anastesi dan tim RSHS serta tim etik nasional untuk mengambil keputusan.

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …