Awas! Tikus Pembawa Penyakit di Musim Banjir 

Grafis M Fazrur Rochman

Grafis M Fazrur Rochman

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Warga harus mewaspadai penyakit yang ditimbulkan banjir. Sebab, penyakit dari kotoran dan kencing tikus (leptospirosis) bisa menganggu paru-paru atau jantung.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bandung, Rosye Arosdiani, mengatakan leptospirosis merupakan penyakit menular akibat bakteri leptospira yang menyerang melalui perantara hewan, tikus.

Bakteri leptospira itu bisa bertahan di tempat berair, lembab, maupun tanah lumpur.

“Air kencing atau kotoran tikus merupakan media tempat bakteri (leptospira) ini tumbuh subur. Melalui kotoran tikus, bakteri dapat menular ke tubuh manusia, bisa melalui kulit, hidung, mulut, selaput lendir, luka, makanan atau saat mengkonsumsi air,” paparnya kepada Radar Bandung (grup pojokbandung.com).

Baca Juga:

Jangan Sepelekan Sakit Gigi dan Gusi, Sebab Bisa Timbulkan Penyakit Berbahaya Ini

Penyakit Berbahaya Mengintai Orang yang Nggak Suka Makan Pisang dan Apel

Efek dari bakteri leptospira jika masuk ke dalam tubuh manusia bisa menimbulkan gangguan sedang hingga berat, seperti demam, gangguan ginjal dan paru-paru atau otak bahkan mengancam keselamatan wanita yang sedang hamil.

“Gejala awalnya pasti demam, otot terasa sakit. Bakteri leptospira tidak spesifik menyerang satu organ tubuh, tapi menyebar,” jelas Rosye.

Kata Rosye, pada 2016 pernah ditemukan kasus leptospirosis di salah satu rumah sakit di Bandung. Hal itu menjadi pelajaran bagi siapa pun agar selalu waspada dan rajin menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga:

Musim Hujan Rawan Penyakit, Jangan Khawatir Jika Anda Rajin Konsumsi Zat Ini

Awas! Sanitasi Rumah Sakit dan Puskesmas Buruk Bisa Menyebarkan Penyakit

“Korbannya harus dirawat intensif di Rumah Sakit. Akan tetapi, berdasarkan informasi dunia kesehatan, dari 10 penderita, paling hanya 1 yang dinyatakan kritis,” paparnya.

Rosye meminta, warga selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar mengingat hampir seluruh wilayah Jabar saat ini termasuk Kota Bandung sudah memasuki musim penghujan.

“Selama ini warga mengangap hal sepele. Tapi, ingat dampaknya sangat besar dan mengancam kesehatan dan keselamatan karena penyakit ini bisa cepat mewabah disaat musim penghujan,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …