Survei: Ridwan Kamil Rentan Tersalip Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi- Ridwan Kamil

Dedi Mulyadi- Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – LEMBAGA Survei Indocon mencatat Ridwan Kamil di peringkat pertama sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Meski begitu, posisi Wali Kota Bandung itu masih rentan disalip oleh pesaingnya.

Direktur Eksekutif Indocon, Fajar Nursahid mengatakan, selain Ridwan Kamil, posisi tiga besar masih serupa dengan hasil lembaga survei lain, yakni Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil diketahui memiliki elektabilitas 34,6 persen, disusul Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi 15,3 persen dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar 11,9 persen.

Baca Juga:

Makin Panas! Komunikasi Deddy Mizwar dengan Gerindra Mandek

Kapan Deklarasi Deddy Mizwar Jadi Cagub Jabar? Tunggu 2 Pekan Lagi

“Ridwan Kamil tampak jauh memimpin. Namun temuan ini tidaklah mutlak,” katanya saat merilis hasil survei di Bandung, Minggu (12/11/2017).

Posisi bakal calon yang diusung oleh Partai Golkar berpasangan dengan Anggota DPR RI Daniel Muttaqien tersebut masih sangat riskan, karena sebesar 47 persen pemilih belum mantap dengan pilihan yang mereka tentukan.

“Potensi perubahan pilihan masih sangat besar. Strong voters-nya relatif 15 persen, ini jauh dari cukup untuk memenangkan Pilgub, apalagi jika berkaca pada dua Pilgub yang lalu, kandidat dengan elektabilitas tertinggi justru kalah,” paparnya.

“Maka jika ada kampanye yang massif dan terstruktur dari kandidat lain, elektabilitas Ridwan Kamil bisa tergerus,” tambahnya.

Survei tersebut mengkonfirmasi figur-figur kunci yang berpotensi menjadi political endorser di antaranya Presiden Jokowi, Prabowo Subianto, Megawati Soekarno Putri dan Gubernur Jawa Barat saat ini, Ahmad Heryawan.

Baca Juga:

PPP: Nasdem dan PKB Sepakati Duet Ridwan Kamil-Uu

Pilgub Jabar, PDIP Tunggu Arahan DPP

Keempat figur ini disebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kandidat yang kelak didukungnya.

Sementara itu, Indo Barometer belum lama ini merilis salah satu faktor yang menjadikan elektabilitas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meningkat dan meninggalkan angka yang diraih oleh Deddy Mizwar.

Hal itu tidak terlepas dari pola Dedi Mulyadi yang langsung menyapa warga. “Dedi Mulyadi rajin blusukan,” kata Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli, di Bandung, Jumat (3/11) lalu.

(bbb)

loading...

Feeds

PORPAMNAS Pestanya Tukang Ledeng

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tukang ledeng se-Indonesia berpesta. Para tukang ledeng ini akan beradu aksi dalam event Pekan Olahraga Perusahaan Air …
ciilin

Perbaiki Alun-Alun Cililin Tahun 2020

POJOKBANDUNG.com, CILILIN – Pemkab Bandung Barat segera merevitalisasi wilayah sekitar Alun-Alun Cililin termasuk Masjid dan kantor Kecamatan Cililin. Bupati Bandung …
cimahi

Harga Cabai di Cimahi Naik 10 Persen

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah mulai memengaruhi pasokan komoditas sayuran ke Kota Cimahi sehingga mengalami …
pengembangan

Pangandaran Jadi Nomor Satu Pembangunan Wisata

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pangandaran. Salah satunya …
timor

Peledakan Pertama di Timor Leste

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – PT. DAHANA (Persero) melakukan first blasting di project kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste, Jumat (12/7/2019). …