Perda Kesehatan Jiwa Jabar Segera Rampung, Gangguan Jiwa Masih Dikaitkan dengan Mistik

Anggota Komisi V DPRD Jabar, H Rustandi. Foto: http://dprd.jabarprov.go.id

Anggota Komisi V DPRD Jabar, H Rustandi. Foto: http://dprd.jabarprov.go.id

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat dalam waktu dekat bakal merampungkan Peraturan Daerah (Perda) ihwal Kesehatan Jiwa. Saat ini Perda tersebut terus dibahas oleh Pansus V DPRD Jabar.


Anggota Komisi V DPRD Jabar, H Rustandi mengatakan, Perda kesehatan jiwa dinilai sangat penting karena masih kurangnya sarana prasarana yang mendukung penanganan pasien dengan gangguan kejiwaan.

“Di Jabar baru ada satu Rumah Sakit Jiwa, yakni RSJ Cisarua, Bogor,” ucap Rustandi.

Baca Juga:

Jika Anda Depresi, Anda Tidak Sendirian. WHO Minta Negara Peduli Kesehatan Mental

Pengguna Sosial Media Mudah Depresi? Hih, Hati-hati

Lebih lanjut, politikus dari Nasdem ini menyebut, selain kurangnya fasilitas (RSJ), tenaga SDM seperti dokter spesialis jiwa dinilai masih minim. Hal itu mendorong pemerintah khususnya DPRD Jabar untuk segera merampungkan problem ini.

“Di Purwakarta misalnya, hanya ada seorang dokter spesialis,” ujarnya.

Rustandie juga menilai pemahaman masyarakat terkait gangguan jiwa masih minim. Berdasarkan pengamatan di lapangan, gangguan kejiwaan selalu dikaitkan dengan hal-hal gaib atau mistis.

“Masih banyak yang menganggap akibat guna-guna, bukannya dibawa ke Rumah Sakit malah ke tempat lain yang tidak seharusnya,” imbuh dia.

Baca Juga:

Agar Depresi Tak Berujung Tragis, Lakukan Tips Berikut Ini

Awas! Depresi Tidak Mengenal Usia, Begini Penjelasannya…

Dengan adanya Perda Kesehatan Jiwa, sambung dia, setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) harus memiliki 10 Bedkhusus untuk pasien kesehatan jiwa.

Perda tersebut juga akan memudahkan kerja sama dengan Yayasan Mentari Hati Kota Tasikmalaya yang pimpinan Dadang Heryadi atau yayasan sejenis lainnya.

“Selain itu dengan terwujudnya Perda ini tidak ada lagi kasus kurangnya obat-obatan dan tenaga kesehatan. Bahkan dalam perda tersebut akan menyediakan beasiswa pendidikan dokter spesialis jiwa,” pungkasnya.

(jar/bbb)

 

Loading...

loading...

Feeds

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …