Tim Investigator Menyimpulkan Air Mineral Bermerek Terbukti Bersalah

Sidang air mineral KPPU

Sidang air mineral KPPU

POJOKBANDUNG.com – Tim Investigator menyimpulkan air mineral bermerek telah terbukti bersalah dan harus segera diberi sanksi atas pelanggarannya.


Hal tersebut terungkap saat sidang lanjutan dugaan pelanggaran pasal 15 ayat 3 huruf b dan pasal 19 huruf a dan b Undang Undang No 5 tahun 1999 tentang monopoli usaha yang dilakukan PT Tirta Investama sebagai produsen air mineral Le Minerale, dan PT Balina Agung Perkasa sebagai distributornya, di Ruang Sidang I Kantor Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Selasa (7/11/2017) lalu.

Agenda sidang ialah penyerahan berkas kesimpulan dari Tim Investigator dan Kuasa hukum dari terlapor I dan terlapor II kepada Ketua Majelis Hakim yang dipimpin R. Kurnia Sya’ranie.

Helmi Nurjamil dari Tim Investigator membacakakan secara singkat materi kesimpulan tersebut. Seperti yang dibacakan oleh Helmi Nurjamil, bahwa perkara dengan nomor 22/KPPU-L/2016 secara meyakinkan bahwa PT Tirta Investama dan PT Balina Agung Perkasa terbukti bersalah dengan bukti-bukti yang sangat kuat.

Baca Juga:

Dugaan Monopoli Air Mineral, KPPU Hadirkan Saksi Produsen

Saksi PT Tirta Berkelit, Hakim Ingatkan untuk Jujur

Atas dasar bukti tersebut, Majelis Hakim diharapkan menjatuhkan vonis bersalah dan memberi sanksi atas pelanggaran tersebut.

Ada pun bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan oleh PT Tirta Investama dan PT Balina Agung Perkasa berupa telah dilakukannya degradasi terhadap Toko Cuncun milik Yatim Agus Prasetyo di mana degradasi tersebut bukan berdasarkan performa penjualan akan tetapi karena menjual produk pesaing.

“Selain itu terbukti terdapat keterlibatan karyawan lebih dari satu orang, dari KAE (Key Account Executive) Area Sales Manager, Regional Sales manager dan sampai tingkat Direktur Utama,” ujar Helmi Nurjamil.

Lebih jauh Helmi Nurjamil menjelaskan, Tim Investigator juga menemukan bukti pelanggaran berupa komunikasi melalui telepon dan WhatsApp, tentang koordinasi untuk tidak memberi harga khusus kepada SO yang menjual Le Minerale.

Loading...

loading...

Feeds