NGERI! Simak Kata Komjen Buwas Ini Soal Peredaran Narkoba di Kalangan Anak TK

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Peredaran narkoba di Indonesia berjalan massif. Suplai dari luar negeri masuk dengan berbagai modus. Pengedar narkoba pun menyasar anak kecil sebagai target untuk menjaga demand agar bisnis stabil.


Badan Narkotika Nasional, tahun 2016 menyita 3,6 ton narkoba dari seluruh operasi. Meski jumlahnya fantastis, ternyata jumlah itu sangat sedikit jika dibandingkan dengan penyebaran narkoba yang belum terungkap, mencapai 250 ton.

BACA JUGA:

Pengawas Pemilu Pakai Narkoba, Siap-siap Dicoret

Pengedar Narkoba Ini Ngaku Dapat Kiriman Barang dari Lapas di Kota Bandung

“Awalnya saya bangga bisa mendapat 3,6 ton. Tapi, setelah mendapat info dari Tiongkok, di tahun 2016 narkoba yang masuk itu 250 ton. Ternyata apa yang saya ungkap belum ada apa-apanya,” ungkap Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso saat pemusnahan barang bukti Narkoba di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (10/11).

Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, Indonesia merupakan pangsa pasar ideal peredaran Narkoba. Jangankan narkotika jenis sabu, banyak masyarakat yang ingin “terbang” menggunakan obat nyamuk, atau lem. Kebiasaan itu memudahkan pengedar dalam menyebarkan dan menawarkan jenis narkoba.

Saking potensialnya, saat ini, pengedar menyasar anak TK, SD dan SMP sebagai pasarnya yang diperebutkan 72 jaringan internasional. Mirisnya, pemerintah belum bisa membongkar jaringan tersebut.

“Ekstasi sudah dibungkus seperti permen. Dicampur dengan makanan dan minum jajanan SD. Para penjahat narkoba ini menyiapkan anak kecil untuk pasar berikutnya. Jahat sekali,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, BNN dan Pemprov Jabar memusnahkan barang bukti berbagai jenis narkotika, yakni 36,28 kg sabu, 26.006 butir ekstasi, 562,3 kg ganja. Selain itu, amb fubinaca atau ganja sintetis seberat 1,4 kg hasil sitaan turut dihancurkan.

Budi Waseso menyebut, hasil sitaan itu berhasil menyelamatkan 4,2 juta anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba.

“Narkotika yang berhasil diamankan itu dari tujuh kasus sitaan sepanjang periode Agustus hingga Oktober tahun 2017. Ini berkat kerjasama semua pihak, BNN, Kepolisian, pemerintah dan bea cukai,” katanya.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …