Masyarakat Zaman Now Lebih Suka Main Gadget daripada Aktivitas Fisik. Ini Bahayanya…

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat. Budaya ini antara lain dapat menghindarkan penyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi, kanker, diabetes melitus dan jantung.


“Jadi kita budayakan gerakan masyarakat sehat (Germas), untuk mencegah penyebaran penyakit berbahaya tidak menular,” ujar Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita, Kamis (9/11/2017).

Rita mengatakan, penyakit tidak menular kini lebih berbahaya ketimbang penyakit menular. Ini disebabkan pola hidup masyarakat yang tidak sehat.

Baca Juga:

Ini Sebabnya Kopi Tubruk Lebih Sehat dari Kopi Instan

Sering Menunda Buang Air Kecil? Hentikan dari Sekarang. Jika Tidak….

“Masyarakat sekarang lebih memilih mengonsumsi makanan cepat saji daripada makan sayuran dan buah-buahan, itu sudah salah satu cobtoh tidak sehat,” papar Rita.

Kurangnya aktivitas fisik juga menyumbang angka penyakit tidak menular. Menurutnya masyarakat sekarang lebih memilih duduk dan memainkan gadget (gawai) daripada olahraga.

“Jadi masyarakat sekarang cenderung lebih sedikit melakukan aktivitas fisik,” terangnya.

Karenanya, Dinkes menghimbau masyarakat untuk melakukan olahraga ringan di sela-sela kegiatan. Yaitu pada pukul 10.00 dan 14.00.

“Dengan pertimbangan di kedua jam tersebut aktivitas kerja otak sedang memuncak dan rentan kejenuhan,” terangnya.

Baca Juga:

Rugi Besar Deh bagi yang Tidak Suka Makan Sayur Brokoli

Pesan Nabi, Jangan Minum Sambil Berdiri. Ternyata Ini Bahayanya

Olahraga yang bisa dilakukan adalah peregangan atau senam ringan. Ini merupakan gerakan senam yang bisa dilakukan oleh semua orang di mana saja, bahkan untuk orang-orang yang tidak biasa berolahraga.

“Dengan begini, bisa membantu mengurangi ketegangan otot dan stres. Karena, stres juga merupakan salah satu penyebab penyakit tidak menular,” paparnya.

Olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi stres. “Jadi kalau setres-setres sedikit tidak usah ke dokter, cukup dengan olahraga,” pungkasnya. ‎

(mur)

Loading...

loading...

Feeds