Jokowi Segera Resmikan Tol Soroja

Sejumlah pekerja konstruksi di pembangunan Tol Soroja. FOTO: Ramdhani

Sejumlah pekerja konstruksi di pembangunan Tol Soroja. FOTO: Ramdhani

“(Dari Kota Bandung) ke Soreang kalau lewat arteri bisa 2-3 jam, tapi masuk ke tol hanya membutuhkan waktu 10 menit. Tapi, tetap harus antisipasi adanya simpul kemacetan. Rekayasa yang dilakukan menghindari kemungkinan dampak kemacetan. Harus sinkronisaasi dan sinergi dengan pemerintah daerah,” ucapnya.


Terpisah, Sekretaris Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, progres pengerjaan Tol Soroja sudah terealisasi 98,88 persen. Hasil itu didapat dari realisasi akumulasi perkejaan struktur dan lean concrete di setiap seksi.

Sisanya, pengerjaan di rigid pavement untuk seksi I (pasir Koja-Marga asih) sudah mencapai 99.90 persen, seksi II (Katapang) mencapai 99,35 persen. Lalu pengerjaan tol progressnya sudah 89,79 persen.

“Konstruksi bisa dikatakan sudah selesai, tinggal tahap akhir. Pengerjaan lainnya lebih ke kelengkapn jalan, seperti pemasangan barrier, rumput, rambu, saluran U-Ditch, Pagar ROW, Pondasi PJU dan pemasangan kilometer post,” kata Iwa.

Jalan tol soroja mencapai 10,55 km. Dari panjang itu, main road tol tersebut sepanjang 8,85 km dengan Exit tol tersebar di lima titik. Yakni, exit tol Marga Asih Barat, exit tol Marga Asih Timur, exit tol Kutawaringin Barat, exit tol Kutawaringin Timur dan exit tol Soreang.

“Tol Sororja sudah sangat siap untuk beroperasi. Tinggal final check saja. Menunggu dari BPJT untuk penilaian,” terangnya.

Terkait tarif tol, Iwa mengatakan hal itu dibahas setelah BPJT memberikan rekomendasi usai penilaian.

“Setelah laik fungsi, langkah selanjutnya penentuan tarif. Itu bukan kewenangan kami. Tapi yang penting, pertimbangannya wajar. Investor mendapat keuntungan wajar, dan masyarakat mendapatkan harga wajar,” pungkasnya.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …