Longsor Akibat Hujan Deras, Jalur KBB-Kabupaten Bandung Terputus

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT- Akses jalan penghubung antara Kab Bandung Barat (KBB) dengan Kab Bandung, tepatnya di Desa Nangerang terputus tertimpa material longsor.


Longsor terjadi akibat hujan deras yang turun di kawasan Kecamatan Cililin, KBB, dan sekitarnya.

Kepala Bidang Kedarutan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Dicky Maulana mengatakan, tanah longsor di Desa Nanggareng RT 02/01 Kecamatan Cililin terjadi Senin (7/11) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Akibat kejadian ini, material tanah dan batu sempat menutup ruas jalan penghubung dua kabupaten tersebut.

“Material longsor itu memutuskan akses jalan penghubung dua kabupaten. Longsor disebabkan hujan lebat yang mengguyur Senin sore, dua hari lalu. Akibatnya hujan deras yang terjadi selama kemarin ini menyebabkan bencana tanah longsor di Desa Nanggaleng,” kata Dicky saat dihubungi Pasundan Ekspres (Jawa Pos Group).

Dampak dari peristiwa itu, aktivitas perekonomian masyarakat melalui akses jalan tersebut sempat terganggu. Apalagi menurutnya, material longsor pun sempat terserak di badan jalan sepanjang 30 meter dengan kedalaman amblesan mencapai 25 meter. “Beruntung, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa,” ungkapnya.

Bewrikut Beberapa Kecamatan di Kab Bandung Barat yang rawan Longsor:

Kecamatan Cililin

Kecamatan Saguling

Kecamatan Cipongkor

Kecamatan Sindangkerta

Kecamatan Gunung Halu

Kecamatan Rongga

(sep/din)

Loading...

loading...

Feeds