Puting Beliung Porak Porandakan Rumah di Cimahi, Pohon Tumbang

Petugas BPBD Cimahi saat mengevaluasi pohon tumbang di kawasan Jalan Mahar Martanegara. (Gatot Pudji)

Petugas BPBD Cimahi saat mengevaluasi pohon tumbang di kawasan Jalan Mahar Martanegara. (Gatot Pudji)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Akibat dihantam angin puting beliung, sejumlah rumah di Kp. Cibogo Lamping Kelurahan Leuwigajah dan Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan mengalami kerusakan.


Selain memporak porandakan atap rumah warga, sejumlah pohon di kawasan Jalan Mahar Martanegara pun tumbang.

Salah seorang warga Amin (52), mengatakan, peristiwa terjadi Minggu (5/11). Saat itu tiba-tiba saja hujan deras yang disertai angin kencang. Ada enam rumah yang mengalami kerusakan.

“Sekitar 10 menit, atap rumah pada terbang, dan air hujan langsung masuk ke rumah,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Senin (6/11).

Usai kejadian, warga mendapat bantuan dari dinas terkait Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Bantuan itu berupa plastik terpal yang dipakai untuk menutupi bagian atap yang bolong.

“Perbaikan seadanya. Kasihan mau mengungsi dimana soalnya, saudara juga pada kena rumahnya,” ucapnya.

Kepala BPBD Kota Cimahi Dani Bastian mengatakan, pihaknya masih melakukan assesment dan kajian di lapangan. Khusus kajian, kemungkinan membutuhkan proses yang panjang.

Dijelaskannya, Apabila rumah tersebut masuk dalam katogeri rumah yang layak mendapatkan bantuan berdasarkan kajian dan penghitungan, pihaknya akan memberikan bantuan sesuai hasil penghitungan.

Terlebih, BPBD Kota Cimahi sendiri memiliki anggaran sekitar Rp 400 juta dalam satu tahun untuk program rehabilitasi dan stimulasi rumah akibat bencana alam.

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …