Cimahi Dukung Perppu Ormas, Begini Alasannya

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi, Totong Solehudin (ist)

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi, Totong Solehudin (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Pemkot Cimahi mendukung Perppu No. 2/2017 tentang Perubahan UU No. 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).


Menurut Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi, Totong Solehudin diterbitkannya Perppu ormas ini merupakan salah satu upaya Negara dalam meminimalisir berbagai ancaman yang bisa memecah belah bangsa.

“Ormas yang terselubung itu perlu diwaspadai. Bisa saja azasnya pancasila, tapi gerakannya tidak sesuai norma,” kata Totong.

Sejak Kota Cimahi berdiri tahun 2001. Berdasarkan data dari Kesbang, hingga saat ini ada 439 Ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Akan tetapi, yang aktif ada 40.

Ia mengutarakan, dari sekian banyak ormas di Cimahi, apabila yang aktif dibawah 10 persen, pihaknya akan melakukan pembinaan. “Agar mereka (ormas) tidak melenceng dari jalur dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila,” tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih menunggu tindak lanjut dari aturan tersebut dan menunggu kejelasannya. “Kita sedang menunggu petunjuk teknis. Undang-undang kan harus ada PP-nya,” ucapnya.

Karena Perppu Ormas sudah jadi produk hukum, kata dia, maka semua ormas harus menaati apapun keputusan dari pemerintah pusat. “Apabila keluar dari aturan, artinya dia siap berhadapan dengan hukum,” ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap semua ormas yang ada di Indonesia mendukung  diterbitkannya Perppu ormas tersebut. Dengan begitu, akan terbangun kondusifitas di Negara.

“Intinya kita harus saling menjaga kondusifitas. Jangan hanya mementingkan golongannya sendiri,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …