Jalan Kolmas Cimahi Gelap Gulita, Rawan Kecelakaan dan Kejahatan

Kawasan Jalan Kolonel Masturi (ist)

Kawasan Jalan Kolonel Masturi (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Minimnya penerangan jalan dapat menjadi penyebab kecelakaan dan potensi tindak kriminalitas.


Di Kota Cimahi, terutama di kawasan Jalan Kolonel Masturi yang menjadi jalan penghubung menuju wilayah Kab Bandung Barat, masih minim penerangan.

Dengan kondisi seperti ini, baik warga sekitar maupun pengguna jalan merasa khawatir jika melintas di sepanjang jalan tersebut. “Kalau sudah malam, disini sepi. Jalannya gelap,” aku Cucu (57) warga sekitar.

Diakuinya, kondisi gelap di kawasan jalan tersebut sudah sejak lama. Bahkan tak jarang kecelakan motor dari arah atas (kabupaten Bandung Barat) yang menuju Cimahi.

“Jalannya kan menurun, jadi banyak pengendara motor atau mobil karena gelap tidak bisa melihat jalannya,” tuturnya.

Minimnya penerangan jalan umum (PJU) di wilayah tersebut, pihak Kepolisian menyoroti dan menjadikan prioritas pengawasan dan pengamanan wilayah.

Kepala Bagian Operasi Lalu Lintas Polres Cimahi, IPTU Dudy Iskandar mengatakan, untuk penerangan jalan baik di pusat kota maupun di perkampungan seharusnya seimbang agar kecelakaan maupun tindak kriminalitas di jalan raya bisa terpantau.

Menurutnya, ada beberapa hal yang kemungkinan terjadi seperti, tidak sempatnya pengendara menghindari jalan berlubang, juga dapat menyebabkan lakalantas karena sesama pengendara berebut jalan yang terang.

Kemungkinan lainnya, lanjut dia, kecelakaan terjadi akibat jarak pandang yang terbatas. Sehingga membuat pengemudi tidak bisa melihat kondisi kendaraan lain yang secara bersamaan melintas.

“Seharusnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk dapat menanggulangi hal tersebut. Supaya kedepannya para pengemudi kendaraan mendapatkan fasilitas di jalan raya yang baik sehingga dapat sampai di tempat tujuan dengan baik dan aman,” tuturnya.

Saat ini, Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Jalan Kolonel Masturi ada sebanyak 150 titik.

Kabid Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Cimahi, Endang mengatakan, di tahun 2017 untuk penambahan PJU di kawasan tersebut belum ada. Akan tetapi ditahun 2018 mendatang pihaknya akan mengupayakan penambahan.

“Jumlah 150 PJU itu yang masuk ke wilayah Cimahi saja. Mudah-mudahan tahun depan ada penambahan,” singkatnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …