Legislator PAN Haerudin: Ibu Tiang Negara

Anggota DPR RI Fraksi PAN,Haerudin Amin saat diwawancara para wartawan.

Anggota DPR RI Fraksi PAN,Haerudin Amin saat diwawancara para wartawan.

POJOKBANDUNG.com – Ibu adalah sekolah pertama bagi anak. Sehingga, sosok perempuan memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga berkualitas. Untuk itu, tidak ada istilah supremasi laki-laki atas perempuan.


“Dalam sebuah keluarga, tidak ada supremasi laki-laki maupun perempuan. Laki-laki dan perempuan mempunyai tanggung-jawab yang sama dalam keluarga, bahu membahu menciptakan keluarga harmonis,” terang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Haerudin Amin, S.Ag., MH di Kampung Haurkoneng Desa Hegar Sari Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, Kamis (02/11/2017) lalu.

Di hadapan peserta sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Haerudin juga menekankan bahwa pola asuh yang ada di dalam keluarga turut menentukan pencegahan peredaran narkoba kepada kalangan anak muda.

Baca Juga:

Netty: Perempuan dan Anak Prioritas Penanganan Pengungsi Rohingya

Batik Kontemporer Linawati Budiarto, Melukis Kegelisahan dalam Fesyen Perempuan  

“Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak harus selalu dibangun. Kenali pula setiap perubahan sikap anak yang drastis sebagai upaya pencegahan terjadinya penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Ditegaskan legislator Fraksi PAN ini, orang tua harus menjadi teladan serta contoh yang baik bagi anak. Ia menilai, penerapan pola hidup sehat jasmani dan rohani sangat penting dilakukan dalam keluarga.

Maka, ia mengajak para orangtua untuk mengajarkan dan memberi pemahaman agama kepada anak-anak sebagai pondasi terciptanya keluarga yang kuat dan bahagia.

“Ibu merupakan tiang negara, begitu pula dalam tatanan keluarga. Serta sosok seorang ayah pun tentunya ambil bagian dari terciptanya keharmonisan serta keutuhan keluarga yang kuat. Dengan bahu membahu secara bersama, ditopang dengan agama akan menjadi benteng dari bahaya dan prilaku menyimpang,” papar Haerudin yang terpilih dari dapil Jabar XI ini.

“Tanggungjawab ibu dan bapak serta agama menjadi kunci utama dalam menerapkan nilai murni, akidah serta akhlak untuk menjadi panduan hidup keseharian. Serta untuk bisa memberikan pendidikan karakter yang kuat agar anggota keluarga berlaku baik dibutuhkan kekuatan pemahaman agama,” tandasnya.

Baca Juga:

Kearifan di Balik Tradisi Tenun Perempuan Suku Sasak

Perempuan Berjilbab Ini Berpeluang Besar Jadi Presiden Singapura

Sementara itu, dalam program KKBPK ini bertujuan mewujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas. Hal ini dilakukan dengan melaksanakan fungsi-fungsi keluarga dan ekonomi produktif. Misi program KKBPK adalah melakukan pembangunan keluarga dengan ekonomi produktif dan pelaksanaan fungsi keluarga.

Lebih jauh, program ini pun menyoalisasikan pemahaman untuk menjadi keluarga yang berkualitas, keluarga kecil sejahtera dengan program Keluarga Berencana (KB) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Indikator keluarga yang mengalami peningkatan ketahanan dan kesejahteraan dapat dilihat dari pelaksanaan 8 fungsi keluarga. Untuk diketahui, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana dan sistem informasi keluarga disebutkan 8 fungsi keluarga tersebut meliputi: fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.

(azm)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …