Ini 4 Langkah Alami Mengatasi Rasa Lelah, Sangat Mudah Dicoba

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

POJOKBANDUNG.com – Badan lelah pastinya membuat produktivitas di tempat kerja bakal anjlok. Badan lelab bisa disebabkan pekerjaan menumpuk, pola makan berantakan, menyantap makanan sembarangan, kurang olahraga, dan kualitas tidur menurun.


Cara terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mendapatkan energi tambahan. Berikut ini adalah beberapa makanan alami yang bisa membantu meningkatkan energi sepanjang hari seperti dilansir dari klikdokter.com.

  1. Buah dan sayur

Makanan yang segar seperti buah dan sayur kaya akan nutrisi. Makanan segar juga mengandung nutrisi yang lebih banyak ketimbang makanan olahan.

Untuk buah, Anda dapat mengonsumsinya di pagi hari sebagai pengganti sarapan. Sebab, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, buah merupakan sumber energi yang siap pakai.

Baca Juga:

Selama Tidur, Kadang Anda Merasa Tidak Sedang Sendirian. Mengapa?

Sepelekan Olahraga Sama dengan Mengundang 7 Efek Berbahaya Ini, Antara Lain Gangguan Libido dan Otak

Salah satu buah yang baik untuk tubuh adalah pisang. Sebuah penelitian membandingkan khasiat pisang dan minuman berenergi pada pengendara sepeda.

Periset menemukan, pisang memberikan lebih banyak energi kepada pengendara sepeda. Pisang mengandung potasium, serat, vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tinggi. Tubuh akan mendapatkan suntikan energi saat makan pisang.

  1. Minuman berkafein

Bila diminum pada waktu yang tepat, minuman berkafein seperti kopi dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satu khasiat dari kopi yaitu meningkatkan konsentrasi. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, waktu terbaik untuk minum kopi yaitu sekitar pukul 9.30- 11.30, pukul 14.00- 16.00 atau di malam hari.

Anda justru perlu menghindari minum kopi di pagi hari, karena kafein di dalam kopi bisa mengganggu produksi hormon kortisol (berperan sebagai mood booster) di dalam tubuh.

  1. Makanan mengandung protein

Jika keperluan energi tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak, protein dapat berfungsi sebagai sumber energi. Makanan sumber protein yaitu daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Baca Juga:

Google Bayar Rp 13 Juta untuk Setiap Bug yang Kamu Temukan

Penyakit Berbahaya Mengintai Orang yang Nggak Suka Makan Pisang dan Apel

  1. Air putih

Menurut dr. Alvin Nursalim, minum air putih sebelum tidur dapat memulihkan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian penuh. Dengan demikian, Anda akan terbangun dengan energi penuh dan siap menjalani rutinitas kembali.

So, itulah beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi keluhan badan lelah. Anda bisa mencobanya, disertai dengan olahraga dan tidur cukup, tentunya.

(BA/RVS/JPNN)

Loading...

loading...

Feeds