Rahasia Panjang Umur Terkait Tanaman di Lingkungan Kita. Ini Hasil Penelitiannya

Ilustrasi taman/ruang terbuka hijau. Sejumlah pengunjung menikmati fasilitas kolam air di Taman Sejarah Kota Bandung, Jalan Merdeka. Foto: Taufik Hidayat/Radar Bandung

Ilustrasi taman/ruang terbuka hijau. Sejumlah pengunjung menikmati fasilitas kolam air di Taman Sejarah Kota Bandung, Jalan Merdeka. Foto: Taufik Hidayat/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Sebuah studi terbaru menyebutkan, alam, tumbuhan atau tanaman, mungkin menjadi rahasia kehidupan yang lebih panjang.


Dilansir House Beautiful, tim peneliti dari Harvard dan Rumah Sakit Wanita Brigham menganalisis data 108.630 wanita yang terdaftar dalam Nurses ‘Health Study dari tahun 2000 sampai 2008.

Studi ini menemukan bahwa wanita dengan tingkat vegetasi yang lebih tinggi di sekitar rumah mereka memiliki tingkat kematian yang jauh lebih rendah.

Tingkat vegetasi ditentukan dengan menggunakan citra satelit selama rentang beberapa tahun dan musim.

Baca Juga:

Sering Menunda Buang Air Kecil? Hentikan dari Sekarang. Jika Tidak….

Google Bayar Rp 13 Juta untuk Setiap Bug yang Kamu Temukan

Wanita yang tinggal di daerah yang dianggap paling hijau memiliki tingkat kematian 12 persen lebih rendah daripada wanita yang tinggal di daerah yang paling tidak hijau.

Angka-angka itu bahkan lebih terasa lagi ketika sampai pada tingkat penyakit tertentu.

Perempuan di kelompok vegetasi teratas memiliki risiko kematian akibat pernapasan 34 persen lebih rendah dan 13 persen lebih rendah risiko kematian terkait kanker.

“Kami terkejut melihat adanya hubungan yang kuat antara peningkatan paparan terhadap lingkungan hijau dengan tingkat kematian yang lebih rendah,” kata Peter James, seperti dilansir laman AOL, Senin (30/10/2017).

“Kami bahkan lebih terkejut menemukan bukti bahwa sebagian besar manfaat dari tingkat vegetasi yang tinggi tampaknya terkait dengan peningkatan kesehatan mental,” pungkas James.

So, mulailah menanam di lingkungan rumah Anda. Kalaupun penelitian tersebut masih bisa diperdebatkan, tanaman apa pun jenisnya tetap memberikan warna pada hidup Anda.

(fny/jpnn)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …