Kisah Pilu Evakuasi Korban Longsor Rancabali, Sang Ibu Ditemukan Mendekap Anaknya

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Hujan deras yang mengguyur Kampung Muara RT 03/06, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, menggerus tebing dan menimbulkan longsor. Dua rumah tertimbun, satu keluarga tewas. Memilukan.


Saat ditemukan, jasad Ujang Rukman (40) membujur kaku di samping jasad istrinya, Usu Hayati (35). Ketika tim evakuasi menggali gundukan tanah yang menimbun suami istri itu, terlihat jelas Usu mendekap Nanda, putrinya yang masih berusia 6 bulan.

Sementara jasad Dini (10), anak ketiga pasangan suami istri itu, yang pertama kali ditemukan warga dalam proses penggalian material longsoran yang menimbun keluarga naas itu.

Baca Juga:

Banyak Warga Jabar Tinggal di Daerah Rawan Bencana

Bandung Rawan Bencana, 90 Polisi Siaga

“Korban sedang tertidur saat terjadi longsor. Korban Usu Hayati ditemukan sedang memeluk Nanda dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Dia menerangkan, ada dua rumah yang tertimbun. Namun saat kejadian, satu rumah dalam keadaan tak berpenghuni.

Foto longsor di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

Hujan deras mengguyur kawasan berkontur perbukitan itu sejak Senin (30/10/2017) siang. Sampai dengan tengah malam, hujan tak reda. Tinggi curah hujan dalam waktu yang cukup lama membuat tebing tanah tak kuat lagi menahan resapan air.

Salah seorang kerabat korban, Tatang (47) menuturkan, sesaat setelah hujan mereda dirinya sempat mendengar suara bergerumuh cukup keras. Dia dan warga kampung terkejut lalu segera keluar rumah dan setengah berlari menuju lokasi longsoran.

Menurut Tatang, rumah Rukman tepat berada di sekitar lokasi longsoran.  “Saat itu malam hari, suasana gelap, saya kemudian berteriak-teriak memanggil Rukman (korban) namun tidak ada yang menyahut. Kemudian saya memanggil warga lainnya dan langsung memeriksa,” ungkap Tatang.

Baca Juga:

22 Kecamatan di Kab Bandung Rawan Bencana Tanah Longsor

Sebagai Daerah Rawan Bencana Tertinggi di Indonesia, Jabar Dapat Dana Hibah Nasional

Dia dan warga terkejut ketika rumah Rukman sudah tidak terlihat lagi, tertimbun longsoran.  Setelah dirasakan aman tidak ada longsor susulan, warga pun langsung berusaha menggali dan mengevakuasi jasad korban dari timbunan tanah menggunakan peralatan seadanya.

Beberapa saat kemudian datang bantuan dari petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Bandung dan jajaran Polres Bandung. Tiga jam kemudian jasad semua korban longsor berhasil dievakuasi. Korban tertimbun material longsor sekitar dua meter.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …