Panwaslu Cimahi Sasar Pemilih Pemula Pelajar dan Mahasiswa

Panawaslu Cimahi memberikan edukasi pemilu kepada pelajar dan mahasiswa, di Aula AWC jalan Kolonel Masturi, Cimahi, Senin (30/10/2017). Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Panawaslu Cimahi memberikan edukasi pemilu kepada pelajar dan mahasiswa, di Aula AWC jalan Kolonel Masturi, Cimahi, Senin (30/10/2017). Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Untuk meningkatkan jumlah pemilih terutama pemilih pemula, Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi, memberikan edukasi pemilu kepada pelajar dan mahasiswa.


Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwslu) Kota Cimahi, Yus Sutaryadi, mengatakan, kecenderungan para pemilih pemula memilih tidak memilih atau golput karena kurangnya wawasan tentang kepemiluan kepengawasan dalam pemilu.

Sehingga, pemilih pemula berisikap acuh tak acuh dalam pemilu.

“Makanya kami terus berikan pemahaman kepada pemilih pemula. Bahwa turut serta dalam pemilu itu menentukan nasib daerah atau negaranya ke depan,” terang Yus.

Baca Juga:

Survei: Deddy Mizwar Populer Juga karena Dikenal Sebagai Bintang Film

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum Duet Kejutan

Yus menjelaskan, pemilih pemula merupakan kelompok yang berusia 17 tahun saat enam bulan sebelum pelaksanaan pemilihan. Dengan demikian, mereka harus tahu hak untuk memilih dan mengontrol serta mengawasi hak suaranya.

“Jika sudah masuk di daftar pemilih sementara (DPS), kami akan kawal terus jangan sampai namanya hilang atau disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan penindakan dan pencegahan di dalam pelaksanaan pengawasan pemilu, lanjut dia, merupakan hal-hal yang perlu diturunkan kepada generasi muda terutama pada pemilih pemula.

Dengan begitu, akan mendorong peran aktif mereka (pemilih pemula), sebagai pengawas non bajet yang muncul secara kesadaran sendiri.

“Jika mereka menemukan kecurangan pada parpol atau pasangan calon maka diharapkan mereka mau melapor ke panwas sekitar daerahnya yang selanjutnya akan kita tindak lanjuti,” tuturnya.

Menurutnya, sejauh ini perjalanan pemilu di Kota Cimahi partisipasi pemulanya sangat tinggi yakni sekitar 60 sampai 80 persen. Sehingga, pihaknya akan mencoba memicu pemilih pemula untuk berperan aktif baik dalam penyelenggaraan atau pun dalam pengawasan.

Baca Juga:

Golkar Usung Ridwan Kamil, Ini yang Akan Dilakukan Dedi Mulyadi

Kata Pengamat, Ini Kerugian Besar Golkar Jika Lebih Memilih Ridwan Kamil daripada Dedi Mulyadi

“Kalau peran serta pemuda dalam pemilu kurang aktif, perkembangan suatu negara bisa terhambat. Karena cikal bakal pemimpin negara ini adalah pemuda,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau, kepada para pemilih pemula untuk benar-benar fokus memilih pemimpinnya. Sebab pada dasarnya demokrasi merupakan hak bagi seluruh masyarakat yang mempunyai hak suara.

“Satu suara mereka akan menentukan pemimpin yang akan memipin daerahnya,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …