Arema Yes, Persib Sih Masih Pikir-Pikir

Persib Bandung (Instagram)

Persib Bandung (Instagram)

POJOKBANDUNG.com- PERSIB Bandung dan Arema FC sama-sama diuntungkan dengan hasil verifikasi lisensi klub AFC (Asian Football Confederation) oleh PSSI.


Sebab, dari lima tim peserta Liga 1 yang dinyatakan lolos lisensi oleh otoritas tertinggi sepak bola tanah air itu, hanya Persib dan Arema yang dinyatakan lolos sempurna. Tiga tim lain yang lolos dengan syarat, adalah Madura United, Persija Jakarta, dan Bali United.

Ya, dengan mengantongi lisensi tersebut, maka secara otomatis peluang Persib dan Arema untuk berkompetisi di level Asia kembali terbuka, kendati keduanya bukan penghuni posisi teratas klasemen sementara kompetisi kasta tertinggi tanah air itu. Pasalnya, federasi memberikan peluang tersebut kepada mereka.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan, Indonesia memiliki satu jatah klub tampil di babak play off Liga Champions Asia dan dua jatah di Piala AFC 2018. Penentuan jatah klub berdasarkan peringkat klasemen akhir seluruh peserta kompetisi di masing-masing negara. Namun demikian, hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil.

Dia menjelaskan, dalam aturan AFC, posisi klub yang berada pada peringkat 1 sampai 9 dengan posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat pemenuhan lisensi AFC.

“Kalau klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah play off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC,” jelas Tisha.

Itu berarti, dari dua tim yang lolos verifikasi di atas, hanya Arema yang memiliki peluang lebih besar dengan berada di peringkat 9 klasemen saat ini. Lantas bagaimana sikap kedua klub itu?

Loading...

loading...

Feeds