Kunjungi Ponpes di Cirebon, Presiden Jokowi Minta Kyai Turut Merawat Kebinekaan

Presiden Jokowi saat menghadiri Haul dan Khotmil Quran di Ponpes Kyai Haji Aqiel Siroj (KHAS) Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (20/10) petang. Foto: Humas/Deni

Presiden Jokowi saat menghadiri Haul dan Khotmil Quran di Ponpes Kyai Haji Aqiel Siroj (KHAS) Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (20/10) petang. Foto: Humas/Deni

POJOKBANDUNG.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Haul dan Khotmil Quran di Pondok Pesantren Kyai Haji Aqiel Siroj Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (20/10/2017) petang.


Presiden Jokowi menyampaikan, saat datang ke Ponpes dirinya ingat pesan para kyai bahwa cinta tanah air sebagian dari iman.

“Teladan itu menunjukkan beriringan. Peran para Kyai termasuk Kyai Aqiel Siroj telah membuat Indonesia bisa merawat keberagaman dan kebinekaan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, Indonesia merupakan negara dengan muslim terbesar karena banyak kepala negara yang tidak tahu dan hal ini juga pernah disampaikan kepada Raja Salman saat berkunjung ke Indonesia.

“Keragaman itu sudah jadi hukum Allah, anugerah Allah kepada Bangsa Indonesia yang harus dirawat, ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah,” tambah Presiden.

Baca Juga:

Sumpah di Depan Presiden Jokowi, Anies-Sandi Resmi Pimpin DKI

Waduh! Kuda Milik Jokowi Dirampas KPK

Presiden juga menyampaikan agar dengan keragaman tersebut jangan sampai terpecah. Emir Qatar, tambah Presiden, juga disampaikan hal yang sama saat hadir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat kemarin.

“Presiden Jokowi nanti saya akan kembali ke Indonesia dan nanti tolong antar saya diving ke Raja Ampat,” ujar Presiden menirukan kalimat Emir Qatar.

Mengenai investasi, Presiden Jokowi sampaikan agar Qatar turut investasi dan disetujui untuk berinvestasi di infrastruktur dan tourism.

“Ketika ada gesekan atau pertikaian segera selesaikan,” tuturnya.

Ketua Ponpes KHAS Kempek K.H Muhammad Mustofa Aqiel Siroj menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi di acara kali ini.

“Beliau sangat memperhatikan pesantren dan Beliau membawa zikir dan tahlil di Istana,” ungkap Kyai.

Sementara Ketua Umum PB NU K.H. Said Aqiel Siradj menyampaikan bahwa Nabi Muhammad diutus untuk menyampaikan prinsip moderat, tidak liberal, dan kontekstual.

Baca Juga:

Demo 3 Tahun Jokowi-JK Berakhir Chaos, Polisi Tangkap 9 Mahasiswa

Tonton Videonya! Jokowi Asyik Nyanyi Bareng Pengamen Bandung, Eh Menteri Basuki Gak Kalah Lincah

“Islam dibawa ke Indonesia oleh Wali Songo dan di Cirebon oleh Sunan Gunung Jati. Islam di Nusantara menghormati budaya yang ada di sekitar,” ujar Kyai Said.

Menurut Kyai Said, pondok pesantren di Indonesia sekarang jumlahnya lebih dari 21 ribu.

“Masyarakat Timur Tengah banyak yang ingin belajar tentang Islam yang ada di bumi Nusantara, Indonesia,” urai Ketua Umum PB NU seraya menyampaikan ormas di Indonesia berjumlah 349 ribu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi turut meninjau LKM Syariah KHAS Kempek, Bank Wakaf Mikro.

Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua OJK, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Ketua Umum PB NU K.H. Said Agiel Siradj.

(sms/pojoksatu)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …