Go Ahead Festival, Surga Pecinta Ragam Seni

Pengunjung melihat karya seni visual buatan Ade Darmawan berjudul Old Colony and New Working Bee. (Bahi Binyatillah)

Pengunjung melihat karya seni visual buatan Ade Darmawan berjudul Old Colony and New Working Bee. (Bahi Binyatillah)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Beragam karya seni dari berbagai bidang seperti visual art, fotografi musik dan fashion dipamerkan dalam acara bertajuk Go Ahead Challenge (GAC) di Monumen Perjuangan Rakyat, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Sabtu (21/10).


Berada dalam ruangan bernama A Space, para pengunjung dibebaskan berekspresi menggambar di tembok yang berfungsi sebagai kanvas.

Ruangan, dipenuhi dengan berbagai kolaborasi karya seni. Salah satu yang menarik perhatian adalah karya visual Ade Darmawan berjudul Old Colony and New Working Bee. Enam buah gambar abstrak itu dicetak pada kavas berukuran 100×100 itu ditempel sejajar.

Old Colony and New Working merupakan hasil cetak saring yang menceritakan bentuk mutasi makhluk hidup. Salah satunya adalah lebah pekerja yang memiliki tujuh pasang sayap dari jenis serangga lain.

Pada gambar yang lain, ditampilkan anatomi kepala manusia, namun urat syarafnya disusun dari kumpulan teks, seperti “lingual” dan “superior”. Seluruhnya merupakan kolase dari gambar temuan tentang hewan yang berkelompok dan beberapa jenis tumbuhan spora serta umbi.

Karya ini merefleksikan perhatian Ade Darmawan mengenai sistem kontrol patriarki kapitalis pada masyarakat modern. Enam karya ini berspekulasi mengajukan ikon aytau emblem baru untuk masyarakat yang bersifat sporadis sekaligus senang berkerumun.

Gambar yang dipajang itu berdampingan dengan ruangan pamer kreasi musik yang bisa didengarkan pengunjung melalui headphone. Karya musiknya pun merupakan buah dari inovasi yang tak biasa.

Contohnya, karya Hamza Winovan yang membuat komposisi musik elektronik dicampur dengan unsur musik etnik, membuat sound yang diproduksi sangat unik.

Salah seorang perancang ruangan, Rony Rahadian mengatakan, ruangan ini dihadirkan bagi pengunjung untuk mengekspresikan ise atau semangat mereka menikmati GAC Festival.

“Ini merupakan festival untuk pecint

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …