Dokumen 1965 yang Dipublikasikan AS Ungkap Pembantaian Massal

Peristiwa 1965. (JPNN)

Peristiwa 1965. (JPNN)

Staf kedutaan AS sangat senang dengan semangat anti-komunis yang melanda negara ini dan bahkan membahas langkah-langkah untuk membantu tindakan melawan Partai Komunis Indonesia (PKI).


Setelah merinci pembantaian tahanan PKI di berbagai provinsi, salah satu kabel diplomatik itu memuji sebuah kampanye di Jakarta yang “dapat memungkinkan penayangan (kembali) film-film Amerika di Indonesia”.

Jarang dibahas

Kebanyakan orang Indonesia tidak banyak mendengar tentang kabel diplomatik yang baru dirilis ini.

Apa yang sebenarnya terjadi pada tahun 1965 jarang dibahas. Pembantaian tersebut tidak diajarkan dalam kurikulum di sekolah.

Sejumlah film tentang pembunuhan tersebut, seperti The Look of Silence karya Joshua Oppenheimer, dilarang ditayangkan di sini.

Diskusi tentang permasalahan ini dihentikan oleh massa.

Sebaliknya, pihak militer menyelenggarakan pemutaran film propaganda haus darah dan satu sisi seperti Pengkhianatan G30S/PKI.

Kelompok-kelompok di balik pembunuhan tahun 1965 – mulai dari militer, organisasi kemasyarakatan – masih sangat kuat dan tidak akan mentolerir upaya-upaya mengakuan apa pun.

Ada pun juru masak yang bekerja untuk orang Belanda tersebut akan tetap seperti itu: tanpa nama, nasibnya tak pernah diketahui – jadi semacam anekdot menyedihkan dalam lembaran dokumen diplomatik yang semakin menguning.

(Diterbitkan Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris Adam Harvey/ABC/JPNN)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …