Warning. Jangan Simpan HP di Bawah Jok Sepeda Motor, Saat Berdering Langsung Meledak

Foto hoaks ledakan motor: foto: twitter

Foto hoaks ledakan motor: foto: twitter

POJOKBANDUNG.com- IMBAUAN kehati-hatian yang sebenarnya penting, jika sampai ke tangan orang usil malah bisa menjadi hoaks.


Sebab, bumbu-bumbu hoaks ikut disertakan. Itulah yang tergambar dari imbauan agar tidak menempatkan telepon seluler (ponsel) di jok motor karena rentan menimbulkan kebakaran.

Pesan berisi imbauan itu banyak disebarkan dengan bumbu foto-foto palsu. Yang masih banyak beredar ialah foto tiga orang (satu berperawakan seperti laki-laki dan dua perempuan) terkapar di sebuah jalan kampung.

Mereka disebut korban ledakan karena adanya ponsel di jok motor. Kejadiannya diklaim ada di Purwosari, Pasuruan.

“Warning. Jangan simpan hp di bawah jok sepeda motor. Pada saat berdering langsung meledak. Ini terjadi di Purwosari Jawa Timur. Karena di sana ada accu dan tangki bensin.”

Begitu bunyi pesan yang diselipkan bersama foto tiga orang terkapar.

Kabar itu jelas hoaks. Sebab, foto yang digunakan adalah sebuah kecelakaan lalu lintas di daerah Bojonegoro, Jawa Timur.

Meski foto yang digunakan palsu, pesan yang disampaikan ada benarnya. Ponsel yang ditempatkan di jok kendaraan memang berpotensi menimbulkan ledakan.

Anggota Tim Riset Motor Listrik ITS Yoga Uta Nugraha menjelaskan, pada dasarnya, timbulnya sebuah api atau ledakan bisa terjadi karena tiga komponen penyusun.

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …