Ini 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Gemuk, Salah Satunya Tidak Sarapan

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

POJOKBANDUNG.com – Pagi adalah waktu yang paling baik untuk mengawali segala hal, termasuk menurunkan berat badan. Tapi hati-hati, kebiasaan pagi Anda bisa saja menjadi pemicu bobot berat badan naik.


Susan Peirce Thompson, Ph.D., ahli dari Institute for Sustainable Weight Loss, mengatakan kebiasaan pagi hari benar-benar berdampak pada apa yang akan Anda lakukan di sepanjang hari.

Memulai pagi dengan kebiasaan yang salah bisa membuat program diet Anda tak efektif, bahkan gagal.

Baca Juga:

Anda Sering Pegal atau Nyeri Leher? Begini Solusinya

Atasi Lelah Anda dengan Tidak Minum Minuman Berenergi. Ini Caranya….

Untuk itu, hindari lima kebiasaan pagi ini agar berat badan yang Anda impikan segera terwujud.

  1. Tidur berlebihan

Mengutip dari Women’s Health, kurang tidur di malam hari bisa membuat berat badan naik. Hal itu terjadi karena peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat merangsang nafsu makan menjadi lebih tinggi. Namun sebaliknya, terlalu banyak tidur juga bisa membuat berat badan naik.

Sebuah studi di jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur berlebihan, hingga lebih dari 10 jam, dapat meningkatkan risiko obesitas. Sehingga, lama tidur saat malam hari yang direkomendasikan adalah secukupnya saja, yaitu tujuh hingga sembilan jam.

  1. Kurang cahaya matahari

Paparan cahaya matahari pagi telah terbukti bisa membuat suasana hati Anda sepanjang hari menjadi lebih baik. Lebih dari itu, matahari pagi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi dari PLOS One mengatakan, membiarkan jendela kamar Anda tertutup rapat di pagi hari bisa menghilangkan kesempatan tubuh mendapatkan manfaat dari sinar matahari.

Peneliti menemukan orang yang sering terpapar sinar matahari pagi cenderung lebih cepat dalam menurunkan berat badan.

Peneliti juga menyebut tak butuh waktu lama untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari dalam menurunkan berat badan. Anda hanya butuh 20 sampai 30 menit berada di bawah sinar matahari setiap paginya.

Loading...

loading...

Feeds