Pidato ‘Pribumi’ Jadi Polemik, Ini Penjelasan Anies Baswedan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto via @aniesbaswedan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto via @aniesbaswedan

POJOKBANDUNG.com- GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal kata pribumi yang ia dengungkan dalam pidato politiknya di Balai Kota usai serah terima jabatan, Senin (16/10) malam.


Kata pribumi itu, kini menjadi polemik di sosial media. Menurut Anies, Istilah pribumi yang digunakan tersebut mengacu pada zaman Belanda, bukan zaman sekarang.

BACA JUGA:

Sehari Menjabat Gubernur DKI, Anies Baswedan Dilapor ke Polisi

Pidato Perdana Gubernur Anies Singgung Soal Pribumi dan Kolonial

“Oh, istilah itu (pribumi) digunakan untuk konteks pada era penjajahan karena saya menulisnya juga pada era penjajahan dulu,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Sebab, kata dia, Ibu Kota Jakarta merupakan salah satu kota yang paling dikuasai Belanda pada zaman itu.

Ada yang Salah dengan Istilah “Pribumi” dalam Pidato Gubernur Anies Baswedan?

“Yang lihat Belanda jarak dekat siapa, Jakarta. Coba kita di pelosok-pelosok itu, tahu ada Belanda, tapi lihat depan mata? Enggak. Yang lihat depan mata itu kita yang di kota Jakarta,” sambung Anies.

Diketahui, dalam pidato politik Anies Baswedan di Balai Kota Senin (16/10), pria yang kini menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta itu, berbicara soal perjuangan pribumi atau penduduk asli dalam melawan kolonialisme.

Menurutnya, warga pribumi sudah sepatutnya menjadi tuan rumah di Indonesia.

“Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan oleh kolonialisme. Kini telah merdeka, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya

Dia menilai, Jakarta merupakan satu dari sedikit tempat di Indonesia yang merasakan hadirnya penjajah dalam kehidupan sehari-hari selama berabad-abad lamanya.

“Di tempat lain mungkin penjajahan terasa jauh tapi di Jakarta bagi orang Jakarta yang namanya kolonialisme itu di depan mata. Dirasakan sehari-hari,” timpal Anies.

(fjr/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …