Olahraga Jalan Kaki Model Ini Ampuh Atasi Kegemukan

ilustrasi olahraga jalan kaki. Foto: Vemale

ilustrasi olahraga jalan kaki. Foto: Vemale

POJOKBANDUNG.com – Jalan kaki menjadi olahraga sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa jalan kaki juga ampuh menurunkan berat badan?


Berjalan kaki memang berkaitan langsung dengan penurunan masa tubuh. Rutin berjalan kaki memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan stamina, membakar kalori, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Para ahli menyarankan untuk berjalan kaki minimal 150 menit dalam seminggu. Bahkan dianjurkan untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah sehari, atau setara dengan sekitar enam kilometer.

Baca Juga:

Bahaya Rokok Elektrik Bisa Meledak di Mulut

Awas, Ponsel Bisa 10 Kali Lebih Kotor dari Toilet

Ahli dari University of Virginia, Arthur Weltman, PhD, mengatakan teknik berjalan cepat (power walking) efektif untuk menurunkan bobot tubuh. Tentunya harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi seimbang.

Untuk menurunkan berat badan dengan jalan kaki, dibutuhkan teknik khusus bernama power walking. Artinya jalan kaki yang Anda lakukan berbeda dari yang biasanya. Prinsip dasarnya adalah makin cepat Anda berjalan, makin banyak kalori yang akan dibakar.
Dalam power walking, ada dua teknik yang dikenal, yaitu jalan kaki santai (strolling) dan jalan cepat (power walking).

Namun, tentu saja kedua teknik ini akan menunjukkan hasil yang berbeda. Jalan kaki santai dilakukan dengan kecepatan normal Anda saat berjalan. Berjalan kaki dengan teknik ini selama 1 jam bisa membakar kira-kira sebanyak 238 kalori.

Untuk melakukan power walking, Anda harus meningkatkan kecepatan dalam berjalan hingga 5 sampai 7 kilometer per jam. Power walking mengharuskan Anda berjalan dengan langkah yang lebih panjang dari biasanya.

Selama berjalan kaki dengan teknik ini, gunakan tumit Anda sebagai tumpuan saat menjejakkan kaki. Kemudian pindah ke seluruh telapak kaki sambil bergerak maju. Pastikan punggung Anda tegak selama berjalan dan hindari menundukkan kepala.

Pandangan harus fokus ke depan dan lurus ke arah Anda akan berjalan. Selama berjalan, ayunkan kedua tangan Anda mengikuti irama kaki. Untuk menambah intensitas latihan, Anda bisa menahan otot-otot perut selama berjalan.

Baca Juga:

Di Rumah Sebaiknya Nggak Usah Pakai Bra, Begini Kata Ilmuwan

Menjaga Kesehatan Jantung Sama dengan Melindungi Otak, Begini Penjelasannya

Berbeda dengan jalan normal, melakukan power walking akan menghasilkan pembakaran lemak yang lebih banyak.

Melakukan gerakan ini selama 1 jam bisa membakar hingga 560 kalori. Namun perlu dicatat, sebelum melakukan teknik ini biasakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berjalan kakilah setidaknya tiga kali seminggu.

Jadi, olahraga itu mudah. Agar lebih bersemangat, ajaklah keluarga, teman, atau binatang peliharaan Anda. Dan yang penting, lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

(RS/RVS/klikdokter)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …